Pemprov Sulbar Optimalkan Penyediaan Toilet Bersih Diseluruh Pusat Layanan Kesehatan

Mapos, Mamuju — Gerakan Toilet Bersih yang dilaksanakan Pemprov Sulbar melalui arahan Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh terus dioptimalkan khususnya di pusat layanan kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah.

Hingga kini tim satgas Tolsih bersama OPD Pemprov Sulbar terus memassifkan penyediaan toilet bersih di layanan publik utamanya pusat layanan kesehatan seperti Puskesmas dan RSUD.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat Asran Masdy, mengatakan pihaknya telah menyampaikan kepada seluruh pusat layanan kesehatan baik Puskesmas dan RSUD se- Sulawesi Barat untuk melaksanakan program Tolsih.

“Kami mendorong seluruh pusat layanan kesehatan seperti Puskesmas dan RSUD untuk dapat melaksanakan toilet yang bersih demi kenyamanan masyarakat,” ucap dr Asran.

Sehingga, untuk memastikan pelaksanaan Tolsih dapat berjalan dengan baik maka pihaknya bersama tim satgas melakukan penilaian memastikan setiap toilet di Puskesmas yang ada di Sulawesi Barat tetap bersih dan nyaman.

Ia mengatakan, komitmen Pemerintah Provinsi Sulbar menghadirkan Tolsih ditandai dengan keaktifan seluruh Puskesmas di Sulbar melaksanakan Program Tolsih.

“Sebanyak 98 puskesmas di Sulawesi Barat telah dinilai oleh Satgas Tolsih yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten,” ucapnya.

Penilaian toilet tidak hanya terbatas pada Fasyankes dan fasilitas pendidikan, tetapi juga melibatkan pasar, terminal, tempat wisata, bandara, dan fasilitas umum lainnya.

“Hal ini diharapkan akan memajukan program Kabupaten Kota Sehat (KKS) di Sulawesi Barat,” ujarnya.

Asran Masdy menambahkan, pusat layanan kesehatan terbaik nantinya akan mendapat penghargaan dari Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Prof. Zudan Arif Fakhrulloh.

(*/adv)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...