Pohon Tumbang dan Tanah Longsor Tutup Badan Jalan Poros Polman-Mamasa

0
126

Mapos, Polman — Akibat cuaca ekstrim melanda Kabupaten Polman dan Kabupaten Mamasa dua hari terakhir menyebabkan tanah longsor serta pohon berukuran besar tumbang hingga menutup seluruh akses badan jalan dari dan menuju dua kabupaten itu.

Menurut Kapolres Polman, AKBP Ardi Sutriono, Rabu (13/01/2021), arus lalulintas sempat terputus beberapa saat di wilayah terjadinya longsor dan pohon tumbang.

“Pohon tumbang menutup ruas Jalan Poros Polman-Mamasa di Desa Kelapa Dua Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polman, pada Selasa (12/1/21) sore. Evakuasi pun dilakukan oleh polisi dibantu oleh warga sekitar,” sebut Ardi Sutriono.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Ia mengaku, saat dirinya bersama beberapa anggota polisi setempat langsung turun ke lokasi untuk mengecek. “Ternyata benar ada pohon tumbang yang menimpa badan jalan sehingga terjadi antrian kendaraan,” ujarnya.

Personel Polsek Polewali dibantu masyarakat, langsung membersihkan dan melakukan pemotongan batang pohon dan dedaunan kemudian dievakuasi ke bahu jalan agar lalulintas kembali lancar.

“Sekitar dua jam, evakuasi pohon selesai dilakukan. Tidak ada korban akibat peristiwa tersebut, namun arus lalu lintas sempat terganggu,” katanya.

Dikatakan, untuk mengevakuasi material pohon tumbang, polisi bersama masyarakat sekitar hanya menggunakan alat seadanya, sepeti parang, gergaji mesin. Beruntung saat pohon tumbang tidak ada kendaraan yang melintas.

Ia mengimbau kepada masyarakat Polman supaya selalu waspada saat musim penghujan datang dan segara jika terjadi bencana alam.

“Agar masyarakat selalu waspada cuaca ekstrem. Segera laporkan kepada pihak terkait jika terjadi bencana alam. Polres Polman beserta BPBD Polman selalu siaga dan siap melakukan evakuasi,” pesannya.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.