Pemkab Majene akan Teken MoU dengan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya

0
211

Mapos, Majene — Balai Pelestarian Cagar Budaya (PBCB) berencana akan membuat nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Majene terkait upaya pelestarian budaya yang merupakan syarat penentuan retribusi.

Bupati Majene Lukman merespon positif kehadiran PBCB yang rencananya akan menjalin kerjasama melalui nota kesepahaman atau MoU dengan pihak Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia.

Menurut Lukman, pihaknya mengaku siap menandatangani, apalagi jika berkaitan pelestarian situs-situs yang dilindungi. “Saya senang dengan kehadiran PBCB, karena di Majene banyak sekali cagar budaya yang penting dilindungi. Ada juga beberapa titik yang membutuhkan perhatian pihak balai,” paparnya saat menerima kunjungan PBCB di ruang kerjanya, Rabu (19/5/2021).

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Termasuk kata dia, ada upaya untuk mengekspose cagar budaya tersebut, sehingga memiliki nilai tambah dan masyarakat serta wisatawan agar tertarik masuk ke Majene.

Sementara itu, Andriani Kasubag Tata Usaha BPCB menjelaskan, selain Majene ada tiga Kabupaten di Sulsel yang telah memasukan tanggapan untuk MoU bersama Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, yaitu Sinja, Maros dan Pangkep.

“Jika draft yang diajukan telah mendapat tanggapan dari Pemda, pihaknya memfollow up dan disampaikan dengan Dirjen di Jakarta. Setelah itu menjadwalkan penandatanganan,” katanya.

Bukan hanya itu, lanjut Andriani, MoU tersebut sangat penting, mengingat selama 3 tahun kemarin selalu menjadi temuan pihak pemeriksa karena tidak adanya legalitas hukum penarikan retribusi.

“Kami setelah menerima tanggapan, lalu akan memfollow up ke Dirjen, semoga tidak lama lagi akan ada penandatanganan,” bebernya.

Turut hadir bersama rombongan, Kepala Disbudpar Andi Beda Basahroe, dan para Kabid Disbudpar. Sementara dari pihak Balai sebanyak lima orang, baik dari Pokja Sulbar dan Polisi Khusus yang menjaga cagarbudaya.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.