Pemdes dan Bumdes Majene Workshop di Makassar, Ini Tujuannya

  • 8 Sep 2019
  • Regional
  • R Fajar Soenoe
  • 145
Gambar Pemdes dan Bumdes Majene Workshop di Makassar, Ini Tujuannya

Mapos, Majene — Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa memberi kewenangan kepada kepada desa untuk membangun sistem dan kelembagaan ekonomi secara profesional dalam mengelola potensi dan sumber daya desa menjadi Pendapatan Asli Desa (PADes).

Hal ini dikatakan Bupati Majene Dr H Fahmi Massiara, MH saat membuka Workshop bagi Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di salah satu hotel di Makassar, Minggu (8/9/2019).

Workshop Peningkatan Kapasitas Ekonomi Desa di Era 4.0 diikuti oleh para pengelolah lembaga ekonomi desa termasuk Bumdes dan Pemdes se Kabupaten Majene.

Tujuannya, untuk mendukung terwujudnya lembaga ekonomi desa yang mampu mengoptimalkan potensi dan sumber daya perekonomian desa, termasuk menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat desa di usia produktif.

Menurut Fahmi Massiara, sebagai lembaga ekonomi desa, Bumdes diharapkan mampu membentuk unit-unit usaha layaknya sebuah perusahaan profit untuk intermediasi kekuatan-kekuatan usaha ekonomi di desa sekaligus meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat desa.

Menurut rencana, Workshop akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari 7 September sampai dengab 9 September 2019.

(ipunk)