Mengantisipasi Penyebaran Berita Hoax, Humas Polda Sulbar Gelar Pelatihan Cyber Troops

2017-10-25_11.04.28

Antisipasi Penyebaran Berita Hoax, Humas Polda Sulbar Gelar Pelatihan Cyber Troops

Mapos, Mamuju – Humas Polda Sulbar menggelar menggelar pelatihan Cyber Troops. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi penyebaran berita Hoax yang seringkali berpotensi mengancam ke stabilitas keamanan didaerah.

Menyikapi hal tersebut, Bidang Hubungan Masyarakat (Bid Humas) Polda Sulbar dibawah kepemimpinan AKBP Hj. Mashura M, SH, menggelar pelatihan Cyber Troops di Aula Mapolda, Jl. Ahmad Kirang Mamuju, Rabu (25/10/17).

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakapolda Sulbar Kombes Pol DR. Endi Sutendi, SIK, SH, MH, didampingi Irwasda Kombes Pol Iputu Mahasena, SH dan Direktur Telkom Indonesia Timur serta dihadiri oleh para pejabat utama dan seluruh peserta dari perwakilan masing-masing Polres dan Satker.

Wakapolda Sulbar Kombes Pol. Edi Sutendi dalam sambutannya mengatakan, dengan dilaksanakannya pelatihan ini, seluruh peserta dapat menyaring adanya peredaran isu-isu negatif menjadi hal yang positif serta melakukan counter issue dan klarifikasi terhadap hal-hal yang tidak benar.

Disampaikan, selain itu, untuk kedepannya Tim Cyber Troops akan setiap saat memantau setiap perkembangan informasi terhadap berita hoax dan pemberitaan palsu serta dapat mencegah maupun proteksi sebuah jaringan online pada rumah atau perkantoran dengan memonitor aktifitas online masing-masing.

Menurutnya, Tim Cyber Troops juga dapat memblokir situs-situs yang berbau kekerasan, Narkoba, Porno dan sebagainya. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga merupakan upaya penguatan media di dalam tubuh Polri. Sebagai aparat penegak hukum, polisi harus lebih dulu diberi bekal untuk meningkatkan kinerja jajaran humas.

Ia mengharapkan agar keseriusan para peserta dalam mengikuti kegiatan ini, agar nantinya dapat mengaplikasikan ilmunya di ke wilayahnya masing-masing, harap Edi Sutendi.

Ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Hj. Mashura mengatakan, pelatihan Cyber Troops ini akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 25 – 27 oktober 2017.

Dikatakan, tahap hari pertama khusus pelatihan Website, hari kedua pelatihan Cyber Troops dan terakhir Praktek sekaligus penyerahan Web dari Kabid TI ke Kabid Humas.

Menurutnya, pelatihan ini bertujuan melakukan pengawasan media sosial yang melakukan counter issue,” ungkap Mashura.

Sebelum kegiatan dimulai, usai sambutan Wakapolda dilanjutkan dilakukan penyerahan Plakat dari Kapolda Sulbar kepada Direktur Telkom Indonesia Timur sebagai awal kerjasama yang baik.

(usman)