Ketua Bawaslu Sulbar : Pemilu Tidak Selalu Dengan Konflik

IMG_20171031_154101

Mapos, Mamuju – Dalam rangka menghadapi pemilu serentak anggota DPRD, DPD, DPRD serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018 maupun pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, Bawaslu Sulbar menggelar kegiatan fasilitasi organisasi masyarakat sipil di tingkat Provinsi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel D’Maleo selama dua hari, 31-1 Oktober 2017.

Acara ini menghadirkan narasumber Muh. Ilham Perwakilan Media, Farhanuddin Dosen Unsulbar, Supriadi Narno Kordiv PHL Bawaslu Sulbar.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo menyampaikan pemilu tidak selalu identik dengan konflik. Jaga nilai-nilai kebebasan dan saling menghargai satu sama lain.

Ia menyampaikan, hal-hal yang menjadi kewenangan Bawaslu dan jajarannya dalam Undang – Undang terbaru.

“Dalam Undang – Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, Bawaslu selain mempunyai fungsi mengawasi, tapi juga mempunyai fungsi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa,” ucapnya.

Selain itu Bawaslu juga siap melaksanakan amanat undang – undang terkait penguatan jajaran Bawaslu di tingkat Kabupaten/Kota yang statusnya menjadi permanen.

Dia menekankan akan pentingnya sinergi antara penyelenggara, media, masyarakat sipil, serta stakeholders untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu dengan program pengawasan partisipatif yang sudah dikembangkan Bawaslu yakni Bawaslu mengawasi.

“Mari bersama-sama mengawal Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Karena Pilkada dan Pemilu bukan hanya milik penyelenggara tapi milik kita semua,” terangnya.

(usman)