Kasus Bowo Golkar Bisa Pengaruhi Citra Jokowi-Ma’ruf

  • 29 Mar 2019
  • Politik
  • Sudirman Al Bukhori
  • 576
Gambar Kasus Bowo Golkar Bisa Pengaruhi Citra Jokowi-Ma’ruf

Mapos, Jakarta – Tertangkapnya kader elite Golkar Bowo Sidik Pangarso oleh KPK merupakan sinyal kuat adanya politik uang yang dimainkan di pilpres 2019. Pernyataan itu diungkapkan oleh mantan Pimpinan KPK Bambang Widjojanto (BW).

Politik uang yang dimaksud terkait dengan adanya 400 ribu amplop yang di dalamnya berisi duit Rp 20 ribu dan Rp 50 ribu, dengan total nilai Rp 8 miliar. Semuanya kini sudah diamankan KPK saat menggelar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bowo, Anggota Komisi VI DPR.

“Jadi ini memperkuat sinyalemen bahwa politik uang ialah fakta yang tak terbantahkan dalam proses Pilpres & Pileg Serentak 2019. Jadi ini bukan hanya isapan jempol,” ucapnya, Jumat (29/3).

Dia juga menilai, temuan KPK terkait amplop-amplop berisi uang suap itu menghancurkan kehormatan Bowo maupun Golkar. Bahkan, BW menilai, kasus ini juga memengaruhi capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin yang didukung Golkar.

“Saya pikir ini sekaligus bisa merusak nama baik Capres 01 yang didukungnya,” imbuhnya.

BW juga menyinggung kasus yang melilit Bowo dengan kasus dugaan suap yang juga melibatkan Romahurmuziy (Rommy). Dia menyatakan capres-cawapres nomor urut 01 makin sulit membebaskan diri dari tudingan ‘bersahabat’ dengan para koruptor.

“Makin sulit bagi petahana, membebaskan dirinya apakah kekuasaan dan pemerintahannya ‘bersahabat’ dengan koruptor dan bagian dari kejahatan KKN yang merupakan musuh bersama seluruh rakyat,” sindirnya.

Terpisah, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Sadzily membantah jika uang yang diduga untuk serangan fajar itu digunakan juga untuk kepentingan pilpres. Menurutnya, Bowo bukan bagian dari tim sukses petahana.

“Saya kira enggak (duit serangan fajar Bowo akan digunakan TKN). Sama sekali enggak ada hubungannya. Dia kan juga bukan TKN,” kata Ace di kompleks DPR RI Senayan, Jakarta, Jumat (29/3).

“Kami sama sekali tidak tahu bahwa seorang Bowo telah menyiapkan miliaran uang, menyiapkan uang tersebut dalam bentuk pecahan yang sudah diamplopin, kami partai terus terang saja tidak tahu,” pungkas Ace.

(*)

(Sumber: JawaPos.com)

Baca Juga