Bangun Sinergitas, Polres Matra dan Insan Pers Duduk Bareng

IMG_20171015_162617-735x400

Kapolres Matra beserta Jajaran bersama Insan Pers yang tergabung dalam Format duduk bersama.

Mapos, Matra – Kepala Kepolisian Resort Mamuju Utara, menggelar pertemuan sekaligus perkenalan dengan insan pers yang tergabung dalam Forum Wartawan Mamuju Utara (Format). Sabtu (14/10/2017).

Pertemuan itu sedikitnya dihadiri oleh wartawan, baik dari cetak, elektronik/televisi maupun media cyber yang telah lama menjadi mitra aparat penegak hukum.

Kegiatan tersebut, selain menjadi ajang perkenalan Kapolres, juga untuk mengakrabkan diri sebagai pejabat baru dilingkungan Polres Matra.

Kapolres Matra, AKBP Made Ary Pradana menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan sebagai ajang silaturahmi dan diskusi guna menyalurkan aspirasi serta saling menjaga komunikasi yang harmonis antara wartawan dengan pihak Kepolisian.

“Kami sangat mengharapkan rekan-rekan wartawan saling Mengisi, serta menjadi mitra kami dalam rangka menjaga stabilitas Kamtibmas di Kabupaten Matra ini,” tuturnya.

Peran aktif para kuli tinta dalam situasi sekarang ini terbilang sangat strategis, terutama terkait akselerasi media informasi untuk melawan isu-isu yang tidak benar.

Maka dipandang perlu dibangun sinergisitas antara Kepolisian dan pers, sehingga dapat bersama menangkal dan melawan isu yang tidak benar atau Hoax, yang saat ini marak di media sosial.

“Kita tahu bersama salah satu tujuan kehadiran pers yakni sebagai kontrol sosial, mencerdaskan, mendidik, serta menghibur masyarakat pada umumnya, sehingga berita-berita tidak benar alias Hoax perlu di antisipasi,” pintanya.

“Mari bersama kita cegah berita-berita yang sifatnya hoax, hate speech (ujaran kebencian) yang dapat memecah belah Persatuan dan Kesatuan Bangsa,” imbuh Kapolres.

Lebih lanjut, pihaknya berharap dengan kegiatan ini kedepan terus bersinergi saling memberikan informasi, agar dapat melakukan deteksi dini isu tidak benar.

“Lebih-lebih agar informasi yang disajikan pada masyarakat lebih baik,” ungkapnya.

Lebih jauh Made Ary Pradana menjelaskan, untuk saat ini Polres Matra telah membuat Program Bincang Akrab Media (Birama), dimana program tersebut melibatkan langsung rekan-rekan media dalam bertukar informasi tentang perkembangan serta situasi dalam daerah.

Ia mengungkapkan, untuk program Birama telah berjalan hingga saat ini.

Ia juga berharap kepada teman-teman jurnalis untuk selalu ada di kantor guna peliputan secara cepat.

” Baiknya ada beberapa rekan media yang Standby dikantor kami sebagai Tim Peliputan Reaksi Cepat (PRC) dan membagikan informasi tersebut ke anggota yang lain, sehingga pemberitaan terus ter-Update, “pintanya.

Sekali lagi, saya sangat berharap kepada seluruh insan Pers yang aktif di Kabupaten Matra, agar tidak membatasi diri, untuk selalu melakukan komunikasi dengan Saya, hal apapun yang ingin disampaikan, dapat langsung menemui saya dikantor, harapnya.

Made Ary juga menyampaikan untuk tujuh program unggulan yang telah di canangkan diantaranya, NGOPI MAS (Ngobrol Polisi dan Masyarakat), SARKON MATRA (Sambang Area Konflik Mamuju Utara), GASMA KAMTIBMAS (Olahraga Bersama TNI-POLRI / Pemerintah Daerah / Warga Masyarakat), BIRAMA (Bincang Akrab Media), Bhabinkamtibmas “SANG IDOLA”, POS KHIDMAT (Polisi Khutbah Jum’at), PEKAS (Pelopor di Kampus dan Sekolah).

(joni)