ASN Pemkab Mamuju Work From Home

Gambar ASN Pemkab Mamuju Work From Home

Mapos, Mamuju – Dalam kerangka mencari solusi terbaik atas upaya meminimalisir kontak langsung atau physical distancing yang dapat memicu penyebaran corona virus utamanya bagi Aparatur sipil negara (ASN) namun tidak mengabaikan kepentingan masyarakat atas pelayanan publik, Pemkab Mamuju mengeluarkan Surat dengan No. 009/852/III/2020, perihal penyesuaian sistem kerja ASN lingkup pemkab Mamuju.

Dalam edaran yang sifatnya menindaklanjuti surat edaran sebelumnya tentang penyesuaian jam kerja dengan nomor  009/835/III/2020 tersebut, dituangkan beberapa kebijakan yang sifatnya mengikat sementara ASN untuk menyesuaikan kondisi saat ini.

Sekda Mamuju H. Suaib, menjelaskan, dikeluarkannya surat Bupati tersebut sebagai langkah taktis atas upaya pencegahan penyebaran virus corona. Diakui, keputusan untuk melakukan kerja dirumah atau work from home adalah langkah yang paling bijaksana saat ini. Karena disaat bersamaan pelayanan kepada masyarakat tetap harus menjadi perhatian serius, utamanya bagi OPD yang berhubungan langsung dengan masyarakat seperti Disdukcapil, BPMPTSP maupun dinas lainnya.

“Kasihan juga masyarakat kalau tiba-tiba ada yang mau mengurus dokumen kependudukan misalnya, karena kondisi darurat. Sementara pegawai dikasih libur total, pasti akan terbengkalai. Jadi sebaiknya ASN dibuat bekerja dirumah dengan sistim kontrol masing-masing kepala OPD nya,” tutur Suaib, Jumat (27/03/2020)..

Dalam Surat yang akan diberlakukan mulai hari senin tanggal 30 maret 2020 itu, dijelaskan pula tentang pelaksanaan jam kerja di kantor yang masih berlaku bagi pejabat dua tingkat tertinggi di jajaran masing-masing. Dengan jadwal berkantor sesuai surat bupati tentang penyesuaian jam kerja ASN.

Yakni hari Senin-Kamis dari jam 08.00-13.00 Wita. Sedangkan hari Jumat dari jam 09.00-11.00 Wita.

“Jadi yang tetap berkantor adalah Kepala Dinas dibantu pejabat setingkat dibawahnya dari sekretaris hingga para kepala bidang,” terang Suaib.

Ketua Gugus percepatan penangan penyebaran corona virus Kabupaten Mamuju ini menekankan untuk melakukan koordinasi maupun rapat semua ASN. Diharapkan dapat menggunakan teknologi informasi untuk memudahkan tugas kedinasan.

(*)

Baca Juga