Ini 8 Manfaat Minyak Kayu Putih

c1a066bbe1fb9ef389771b1a4eb25f9bMapos. Anda pasti tahu bahwa minyak kayu putih dapat menghangatkan tubuh dan mengusir nyamuk. Namun, tenyata ada banyak manfaat lain dari minyak kayu putih yang tidak Anda ketahui!

1. Mengobati Sakit Kepala

Anda tidak harus selalu memakan obat untuk menyembuhkan sakit kepala, kok. First things first – oleskan minyak kayu putih pada leher bagian belakang dan samping untuk membuat sistem pernapasan jadi lebih rileks.

2. Meredakan Demam

Minyak kayu putih dapat membantu menurunan demam dengan mengurangi infeksi dan menstimulasi produksi keringat. Hasilnya, tubuh Anda pun akan mendingin.

3. Mengobati Diabetes

Studi yang dilakukan oleh Journal of Natural Medicine dari Toyama, Jepang membuktikan bahwa air dan metanol ekstrak tanaman obat termasuk kayu putih dapat digunakan dalam pengobatan diabetes tipe 2. Ternyata, ramuan tersebut dapat meningkatkan sensitifitas insulin dan meningkatkan kontrol glikemik. Wow!

4. Merawat Kulit

Tahukah Anda bahwa minyak kayu putih sering digunakan sebagai bahan untuk kosmetik dan krim antiseptik? Selain membersihkan kulit, minyak kayu putih juga bisa bekerja sebagai skintonic.

5. Meredakan Sakit Gigi

Bila Anda mendadak mengalami sakit gigi, teteskan minyak kayu putih pada kapas dan tempatkan di gigi yang sakit. Aksi tersebut akan meredakan perasaan ngilu Anda selama beberapa jam. Lumayan, kan? Minyak kayu putih juga digunakan untuk meredakan sakit gusi setelah mencabut gigi.

6. Mengatasi Kulit Berminyak

Zat dan sifat astringent dalam minyak kayu putih dapat mengurangi kadar minyak di wajah – tambahkan beberapa tetes dalam air, lalu oleskan pada wajah dengan kapas.

7. Melancarkan Pernapasan

Saat batuk atau flu, Anda dapat mengaplikasikan minyak kayu putih untuk meringankan perasaan dada sesak atau hidung tersumbat. Namun, para ahli kesehatan juga berpendapat bahwa minyak tersebut dapat memperburuk asma pada beberapa orang.

8. Mencegah Infeksi Luka

Minyak kayu putih dapat bekerja sebagai pertolongan pertama untuk infeksi, karena cairan tersebut memiliki properti antiseptik yang dapat membantu mencegah infeksi pada luka seperti goresan atau luka bakar.

(*)