57 Depot Air Minum Di Matra Tanpa Ijin

IMG-20170916-WA0036Mapos. Mamuju Utara – Menjamurnya usaha Depot air minum siap saji yang diduga tidak steril dan tak dilengkapi dengan Sertifikat Layak Operasi (SLO) di Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, membuat geram Dinas Kesehatan.

Melalui Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, mengambil langkah dengan membentuk tim detektif untuk mengawasi kerja dari depot air minum siap saji.

Diketahui, sebanyak 69 depot hanya 12 yang mengantongi surat ijin dilengkapi sertifikat kelayakan dari Dinas Kesehatan, sisanya sebanyak 57 tak mengantongi ijin.

Supriansa salah satu dari sekian pengusaha air galon mengatakan, untuk membuat air siap saji dirinya melakukan beberapa proses agar bakteri yang ada dalam air bisa musnah dan aman untuk dikonsumsi.

Sementara itu, Abd. Rahim Tagaru Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Mamuju Utara mengatakan, dengan adanya detektif yang bentuk, dapat mengawasi kerja dari depot air tersebut. Jumat (15/09/2017).

Dengan adanya tim detektif yang dibentuk oleh Dinas Kesehatan diharapkan dapat membantu dan melaporkan hasil temuannya ke Dinas Kesehatan dengan cara merekam menggunakan Video pelanggaran yang di lakukan oleh pihak depot atau dengan dapat juga melampirkan foto-foto.

Dari hasil temuan nantinya bisa langsung dilaporkan melalui whatshapp atau langsung ke kantor Dinas Kesehatan agar secepatnya dapat di tindak lanjuti oleh TIM dari Dinas Kesehatan, tuturnya.

(joni)