Warga Antusias Dengan Pelayanan SIM Keliling

  • 25 Feb 2018
  • Mamuju
  • Sudirman Al Bukhori
  • 348
Gambar Warga Antusias Dengan Pelayanan SIM Keliling Antusias Warga Tarailu dalam Pelayanan SIM Keliling.

Mapos, Mamuju – Antusiasme masyarakat dalam melakukan perpanjangan SIM melalui pelayanan SIM Keliling sangat tinggi. Hal ini terbukti sejak pagi puluhan pemohon sudah mengantri untuk melakukan perpanjangan SIM pada Pelayanan SIM Keliling Polres “Metro” Mamuju di Pasar Tarailu Kecamatan Sampaga, Kabupaten Mamuju, Minggu (25/2/2018).

Antusias Warga Tarailu dalam Pelayanan SIM Keliling.

Rudianto salah satunya yang dihubungi Via whatsapp, ia mengaku senang bisa memperpanjang SIM melalui SIM Keliling ini.

Menurutnya, selain jarak tempuh tidak terlalu jauh, prosesnya pun cepat sehingga tidak perlu menunggu lama, SIM nya sudah jadi.

Ia berharap, agar SIM kiling ini dapat terus dilaksanakan di Kecamatan Sampaga.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Metro Mamuju, AKP. Suhartono menuturkan, pelayanan SIM Keliling ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus perpanjangan SIM karena tidak perlu datang jauh-jauh ke Polres Metro Mamuju. Pelayanan SIM Keliling ditujukan untuk perpanjangan SIM A dan C yang belum habis masa berlakunya.

Suhartono berharap, dengan pelayanan SIM keliling ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di wilayah hukum Polres Metro Mamuju.

Suhartono menyebutkan, pelayanan SIM keliling ini berdasarkan Implementasi dari UU No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mewujudkan Polisi Lalu Lintas yang PROMOTER (Profesional, Modern dan Terpercaya).

“Semoga bernilai ibadah bagi semua, sesuai Motto tugas kami Sat Lantas Polres Metro Mamuju Tugasku adalah Ibadahku,” tuturnya.

Personil Lantas Polres Metro Mamuju yang bertugas dalam Pelayanan SIM Keliling.

Dalam pelayanan SIM keliling, dipimpin oleh KBO Lantas Polres Metro Mamuju, IPDA Agung Prasetyo Soegiono, S.Tr.K, dibantu oleh personil Brigpol Suhendro Alam, Brigpol Awaluddin, Brigpol Sultan M, dan Bripda Rusni.

Sebelum membuka pelayanan SIM keliling terlebih dahulu personil yang bertugas memberikan penjelasan tentang tata cara dan persyaratan melakukan perpanjangan SIM kepada para pemohon.

Pada SIM Keliling kali ini sebanyak 58 pemohon melakukan perpanjangan SIM dengan rincian SIM A 9 pemohon dan SIM C 49 pemohon.

Persyaratan dalam melakukan perpanjangan SIM cukup mudah, pemohon tinggal mengisi blangko formulir perpanjangan SIM dengan membawa fotokopi KTP Elektronik dan fotocopy SIM yang akan diperpanjang, SIM asli, surat kesehatan kemudian membayar biaya administrasi kepada petugas BRI. Setelah itu tinggal menunggu panggilan foto dan SIM langsung jadi.

Berdasarkan PP No. 60 Tahun 2016, biaya perpanjangan SIM A sebesar Rp. 80.000 dan biaya perpanjangan SIM C Rp. 75.000 diluar surat keterangan dokter.

(wahid)

Baca Juga