Wagub: Maaf, Saya Tidak Tahu Ada Acara Pelantikan

Mapos, Mamuju – Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar melantik dan mengambil sumpah jabatan 15 pejabat tinggi pratama atau pejabat eselon II di aula kantor Gubernur pada Jumat (18/5/2018) lalu.

Tak hanya itu, sebanyak 110 pejabat administrator atau eselon III serta 381 pejabat pengawas atau eselon IV di internal pemerintah provinsi Sulawesi Barat juga dilantik tepat di hari kedua bulan suci Ramadhan itu.

Ceremoni pelantikan hari itu turut dihadiri Sekretaris Daerah provinsi Sulawesi Barat, Ismail Zainuddin, Kepala BKD Sulawesi Barat yang juga penjabat Bupati Polman, Amujib, serta legislator Sulawesi Barat, Haris Halim Sinring.

Tak tampak kehadiran Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Enny Anggraeni Anwar pada agenda penting tersebut. Kemana isteri mantan Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh itu ?

Diberitakan sebelumnya, Ali Baal menjelaskan, pelantikan tersebut dilakukan merujuk pada evaluasi kinerja selama satu tahun jalannya pemerintahan. Disesuaikan dengan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK).

“Pangkat dan jabatan adalah penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja yang diberikan terhadap negara. Jadi saya tekankan proses mutasi ini murni kebutuhan organisasi, yang harus mengisi setiap ruang agar agar saling bersinergi dan membawa energi positif bagi daerah,” kata Ali Baal.

Mantan Bupati Polman dua periode itu juga meminta agar para pejabat yang dilantik untuk dapat bekerja sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

“Hindari koruspi, pungli dan suap dalan menjalankan amanah. Kita harus bertindak sebagai panutan dan motivator dilingkungan kerja. Ciptakan suasana kerja yang kondusif dan efisien serta inovatif,” tegas Ali Baal.

Jawaban atas pertanyaan seputar ketidakhadiraan Wakil Gubernur, Enny Anggraeni Anwar pada pelantikan tersebut akhirnya diperoleh dari Enny sendiri. Dihubungi via Whats App, Jumat malam, mantan Anggota DPR RI dari partai Golkar itu mengaku sama sekali tak tahu menahu soal agenda pelantikan tersebut.

“Maaf, saya tidak tahu ada acara pelantikan,” kata Enny Anggraeni Anwar saat ditanya soal alasan dirinya yang memilih alpa di agenda penting itu.

Hanya itu yang sempat disampaikan Enny Anggraeni seputar agenda pelantikan di kantor Gubernur. Sejumlah pertanyaan yang diajukan, tak digubris lagi oleh perempuan berkaca mata itu.

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar

Untuk informasi, berikut 15 pejabat eselon II yang dilantik Ali Baal Masdar :

1. Kepala Dinas Sosial, Kaharuddin diangkat dalam jabatan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukun dan Politik.

2. Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukun dan Politik, H. Ibrahim dingkat dalam jabatan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

3. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, H. Arifuddin Toppo, diangkat dalam jabatan baru Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

4. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Andi Ahmad Sukri Tammalele, diangkat dalam jabatan Kepala Dinas Sosial.

5. Sekertaris DPRD, Bahrun diangkat dalam jabatan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

6. Kepala Dinas Transmigrasi, H. Muhammad Hamsi diangkat dalam jabatan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga

7. Kepada Badan Pendidikan dan Pelatihan, Farid Wajdi diangkat dalam jabatan Kepala Dinas Pariwisata.

8. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga. H. Herdin Ismail diangkat dalam jabatan Kepala Dinas Transmigrasi.

9. Kepala Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan, H. Ashari Rasyid diangkat dalam jabatan Sekertaris DPRD.

10. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB), H. Darwin Yusuf diangkat dalam jabatan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran.

11. Kepala Dinas Pariwisata, Yakob F Solon diangkat dalam jabatan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

12. Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, H. Darno Majid diangkat dalam jabatan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

13. Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang), Moh. Ali Chandra diangkat dalam jabatan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat.

14. Kepala Biro Umum, Safaruddin Sanusi diangkat dalam jabatan Kepala Biro Ekonomi dan Administrasi Pembangunan.

15. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Rahmat Sanusi, diangkat dalam jabatan Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sulawesi Barat.

(manaf)

Baca Juga