Polsek Malunda ‘Sita’ 105 Butir Telur Penyu

  • 15 Mar 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 545
Gambar Polsek Malunda ‘Sita’ 105 Butir Telur Penyu

Mapos, Majene – Penyu merupakan satwa yang dilindungi, demikian pula dengan telurnya.

Menurut Kapolres Majene AKBP Asri Effendy, Jum’at (15/3/2019) jajaran di Polsek Malunda menyita 105 telur penyu yang tengah dijajakan oleh seorang ibu-ibu pedagang di Pasar Maliaya Kecamatan Malunda sekitar pukul 10.00 Wita.

Katanya, penemuan telur penyu itu bermula ketika jajaran Polsek Malunda di bawah pimpinan Kapolsek Malunda AKP Rahardian B Trisna melaksanakan pengaturan dan penertiban Pasar Maliaya.

“Pada saat dilakukan kontrol aktivitas pasar, mereka mendapati seorang ibu warga Dusun Tanisi Desa Mekkatta Selatan Kecamatan Malunda memiliki telur penyu sebanyak 105 butir,” sebut Asri Effendy.

Kapolsek Malunda AKP Rahardian kemudian memberi penjelasan kepadanya bahwa telur penyu yang akan dia jual adalah dilarang karena dilindungi oleh negara.

Paham dengan penjelasan Rahardian, Si Ibu akhirnya menyerahkan telur penyu yang ia akui dia peroleh dari salah seorang warga untuk dititip jual.

“Setelahnya, anggota mengamankan telur penyu ke Kantor Polsek Malunda,” kata Asri Effendy.

Demi kelangsungan kehidupan laut, akhirnya Polisi bersama masyarakat dan Kepala Lingkungan Malunda – Albar membawa ratusan telur penyu hasil sitaan untuk di timbun di pasir bibir pantai guna untuk pengetasan.

(ipunk)