Pemprov Sulbar Gelar FGD Penyusunan RPJPD Sulbar 2025-2045

Mapos, Mamuju — Pemerintah Provinsi Sulbar mulai melakukan Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) Provinsi Sulawesi Barat tahun 2025-2045 di Mamuju, Senin 13 November 2023.

Melalui Focus Grup Discussion (FGD) yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris serta dihadiri anggota DPRD Komisi IV DPRD Sulbar Hatta Kainang, dan pimpinan OPD serta beberapa perwakilan kampus dan Rektor.

Sekertaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris mengatakan FGD yang digelar merupakan awal dalam penyusunan dokumen mempersiapkan arah pembangunan Provinsi Sulbar 20 tahun kedepan.

“Ini merupakan Kick Of Star karena ini masih akan melalui banyak tahapan, Inilah kira-kira titik awal RPJPD, mempersiapkan Sulbar kedepan,” kata Mantan Kepala LAN Makassar Muhammad Idris.

Ia mengatakan, RPJPD adalah dokumen perencanaan pembangunan Provinsi Sulbar yang merupakan jabaran dari tujuan dibentuknya Pemerintahan Provinsi Sulbar dalam bentuk visi, misi, dan arah pembangunan daerah untuk masa 20 tahun ke depan.

“RPJPD ini bagaimana mensekstsa daerah ini 20 tahun kedepan. Kick Of ini kita ingin sama-sama mewujudkan dalam kebijakan yang ada bahwa membangun sustainabliti yang menjadi syarat dengan adanya visi 20 tahunan, Ini menjadi penting karena ini menjadi model dan arah Sulbar kedepan,” ucap Idris.

Selain problem yang ada hari ini seperti, stunting kemiskinan ekstrim pernikahan dini kerusakan lingkungan dan problem lainya dapat dijabarkan dengan baik agar tidak lagi terulang.

“RPJPD ini menjadi rujukan induk, oleh karena itu seluruh kawan-kawan yang hadir dapat memberikan kontribusi sesuai kemampuan dan kapasitas individu untuk membangun daerah,” tutup Idris.

(*/adv)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...