Mantan Bendahara Pemkab Mamuju Divonis Bebas

Gambar Mantan Bendahara Pemkab Mamuju Divonis Bebas Suasana sidang di PN Tipikor Mamuju, Kamis (10/01/2019).

Mapos, Mamuju – Mantan bendahara Pemkab Mamuju, Abdul Gafur, akhirnya bisa menghirup udara bebas. Dia dinyatakan tidak bersalah dan divonis bebas oleh majelis hakim dalam sidang yang digelar di PN Tipikor Mamuju, Kamis (10/09/2019).

Nasrun, SH

Kuasa hukum Gafur, Nasrun menuturkan bahwa kliennya lepas dari tuntutan hukum Jaksa. Karena kasus yang melilitnya dinyatakan sebagai hukum perdata, bukan pidana.

“Jaksa menuntut Gafur dengan hukuman penjara selama 4 tahun. Intinya, majelis hakim sependapat dengan pledoi kami. Pada sidang sebelumnya sudah kami bacakan bahwa klien kami terbukti melakukan perbuatan hukum, tapi bukan pidana. Melainkan perdata,” katanya melalui whatsapp massanger, Kamis (10/09/2019).

Dia melanjutkan, adanya fakta persidangan bahwa ada kesepakatan bunga 10 persen atas pinjaman tersebut. Dan para korban mengakui, sebelumnya uang mereka pernah dipinjam Gafur.

“Tapi semua sudah lunas. Sehingga para korban pun meminjamkan lagi uang mereka. Seperti sebelumnya, ada kesepakata lisan 10 persen untuk bunga pinjaman. Ada tiga korban dalam kasus pinjaman Pengkab Mamuju ini. Yaitu Hamzah Daaming, Gazali dan Rosdiana,” sebut Nasrun.

(*)

Baca Juga