Maju Pilkada Mamuju, Sutinah Undur Diri Sebagai ASN

  • 13 Sep 2019
  • Pilkada
  • Sudirman Al Bukhori
  • 404
Gambar Maju Pilkada Mamuju, Sutinah Undur Diri Sebagai ASN

Mapos, Mamuju – Demi maju pada Pilkada Mamuju 2020, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju, St. Sutinah Suhardi mundur sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal itu dibuktikan Sutinah saat mengajukan surat permohonan pengunduran dirinya ke Pemerintah Daerah Mamuju.

Sutinah mengatakan, untuk menghindari pelanggaran yang telah diatur dalam peraturan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, pasal 119 UU ASN dan pasal 123 ayat 3 UU ASN yang mengatur tentang mekanisme keterlibatan dalam politik, maka ia secara tegas menyatakan mundur sebagai ASN.

“Saya ajukan pengunduran diri tentunya agar tidak melanggar aturan,” ucapnya, Jumat (13/9/2019).

Sutinah membeberkan, usai pengajuan pengunduran dirinya, langkah selanjutnya adalah mengembalikan formulir pencalonan dukungan ke PDIP.

Sutinah mengatakan, saat penyerahan pengunduran diri langsung diterima Sekretaris Daerah H. Suaib.

“Alhamdulillah, surat pengunduran diri sudah diterima Pak Sekda tadi,” pungkasnya.

Senin depan (16/9/2019), lanjut Sutinah, ia akan menemui Bupati Mamuju, Habsi Wahid terkait pengunduran dirinya dikarenakan pada saat memasukkan surat pengunduran diri, Bupati Mamuju tidak berada ditempat.

“Senin depan saya menghadap pak bupati karena pada saya memasukan surat pengunduran diri, bupati tidak berada ditempat. Beliau (Bupati) lagi ke kantor PDIP untuk menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon bupati,” terangnya.

Terkait kapan keputusan resmi berhenti sebagai ASN, Sutinah menjelaskan bahwa sepenuhnya ia serahkan ke bupati.

“Saya serahkan semua ke bupati, apakah akan dicarikan Pelaksana Tugas (Plt) untuk menggantikannya sebagai Kepala Dinas, atau menunggu mutasi yang akan dilakukan oleh Pemkab Mamuju dalam waktu dekat ini,” ucapnya.

Menurutnya, sebelum ada keputusan dari bupati, ia akan tetap berkantor.

“Sebelum ada keputusan dari bupati saya tetap punya kewajiban untuk masuk kantor sebagai ASN dan sebagai Kepala Dinas,” jelas Sutinah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mamuju, H. Suaib yang menerima surat pengunduran diri Sutinah diruangannya mengatakan, akan meneruskan surat tersebut ke bupati.

“Setelah ini saya akan bicara dengan bupati dan setelah itu kita panggil BKD untuk proses pemberhentian dengan hormat,” katanya.

Suaib menambahkan, sebenarnya ia menyayangkan pengunduran diri Kepala Dinas Perdagangan tersebut. “Tapi tidak bisa dihalangi karena hak setiap warga negara untuk maju jadi di Pilkada,” sebutnya.

Selain itu dirinya juga mengaku Sutinah adalah sosok yang baik, bertanggungjawab dan selama menjabat sebagai kepala Dinas Perdagangan telah menunjukkan kinerja yang baik.

“Sosok Ibu Sutinah orangnya baik, kinerjanya baik dan bertanggungjawab. Salah satu contoh tanggungjawabnya, ya itu tadi dengan majunya dia di pilkada, dia tidak mau berpolemik. Sehingga dia dengan cepat memasukkan pengunduran dirinya,” tutup H. Suaib.

(*)

Baca Juga