Lukman: Para Kades Jangan Alergi dengan Ombudsman

Gambar Lukman: Para Kades Jangan Alergi dengan Ombudsman

Mapos, Mamuju – Kepala Perwakilan Ombudsman Sulbar, Lukman Umar, menerima kunjungan Pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Sulawesi Barat.

Ada beberapa poin penting yang terbahas dalam pertemun tersebut, satu diantaranya terkait sinergitas Ombudsman dan Apdesi Sulbar mendorong sebuah terobosan dalam menghadapi dinamika yang kerap terjadi pada pemerintahan desa.

Lukman Umar, mengaku satu tahun terakhir trend aduan tentang polemik di desa cukup tinggi, sehingga sinergi memang hal mutlak untuk dilakukan.

“Sinergitas, menjalin kemitraan pemerintah dengan lembaga-lembaga non pemerintah dalam rangka percepatan pemberdayaan dan pembangunan desa tentu sangat dibutuhkan,” ujar Lukman (01/08/20)

Apdesi sebagai wadah berhimpun kepala desa diharapkan mampu menjadi pemersatu dan mempererat silaturahmi antara sesama kepala desa dalam rangka membangun desa.

Adapun kehadiran Ombudsman sebagai lembaga kontrol secara bersama-sama akan turut serta memberikan performa dalam memberikan suplemen dan energi positif perbaikan layanan publik dan pemerintahan desa.

Lukman berharap semua Kepala Desa tidak alergi dengan kehadiran Ombudsman. Sebab Ombudsman yang dibentuk beradasarkan UU 37/2008, diamanahi oleh negara untuk mengingatkan bahkan menegur setiap penyelenggara pelayanan publik yang menyimpang.

“Kawan-kawan di Desa harap tidak alergi dengan kami, sebab bagaimanapun UU 37 memberikan kewenangan itu, untuk  mengingatkan jika dalam proses pelayanan yang diselenggarakan terjadi dugaan tindakan maladministrasi,” ujar Lukman

Lukman juga mengaku, kehadiran Ombudsman salah satu bentuk perhatian Negara, untuk memperbaiki  kinerja semua unit penyelenggara layanan publik, termasuk pemerintah desa, “semoga kemitraan yang terbangun antara Apdesi dan Ombudsman RI Sulawesi Barat, memberikan efek positif  dalam membangun Desa, mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Lukman.

(*)

Baca Juga