Lingkungan Lipu Raih Penghargaan Kategori Utama Program Kampung Iklim

0
466

Mapos, Majene — Lingkungan Lipu Kelurahan Labuang Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene mendapatkan penghargaan kategori utama Program Kampung Iklim (Proklim).

Penghargaan itu diumumkan saat Festival Iklim  “Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peningkatan Ketahanan Iklim untuk Indonesia Tangguh – Indonesia Tumbuh”  yang dilaksanakan  secara hybrid oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Selasa (19/10/2021).

Pemerintah Kabupaten Majene yaitu Wakil Bupati Majene Arismunandar, Plt Sekda Majene Masriadi Nadi Atjo, Kepala DLHK Sudirman, Plt. Camat Banggae Timur, Lurah Labuang Utara serta kepala lingkungan Lipu Aslan Sidan menyaksikan pengumuman tersebut  secara virtual di Ruang Rapat Wakil Bupati Majene.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Panitia pelaksana Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A., IPU mengatakan, untuk penilaian program iklim telah dimulai dari pengusulan lokasi yang dinominasikan.

Dari 608 lokasi kampung iklim yang di usulkan sebanyak 313 lokasi yang dilakuakan verifkasi. Dari hasil verfikasi keluar  7 penerima  trofi Proklim kategori Lestari, 54 trofi untuk kategori Proklim Utama, penghargaan bagi 7 Gubernur, 7 Walikota dan 23 Bupati sebagai pembina Proklom serta 9 perusahaan diberikan apresiasi penghargaan Proklim.

Wakil Bupati Majene Arismunandar mengaku bangga dan senang atas penghargaan yang diterima oleh Lingkungan Lipu. Katanya, selain membawa nama baik Majene di kancah nasional, upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di Majene akan lebih semangat lagi dan semoga menjadi inspirasi bagi lingkungan lain  untuk terus menjaga kebersihan secara kontinyu.

“Kami sangat bangga, bahagia dan senang, ini prestasi yang sangat baik semoga bisa dipertahankan dan menjadi inspirasi untuk bergerak menjaga kelestarian lingkungan,” ucapnya.

Sebelumnya lingkungan Lipu telah melalui proses penilaian oleh Tim Verifikasi Lapangan Proklim pada Selasa 3 Agustus 2021 lalu.

Lingkungan Lipu  terpilih menjadi lokus penilaian khususnya persoalan kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah, sanitasi, drainase, posyandu dan juga estetika lingkungan.

Selain itu Lingkungan Lipu di tahun 2019 juga mendapatkan predikat Juara ke II Tingkat Nasional .

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.