Kembali, Pemkab Mamuju Dapat WTP

Gambar Kembali, Pemkab Mamuju Dapat WTP

Mapos, Mamuju – Dari laporan hasil pemeriksaan keuangan oleh BPK-RI Perwakilan Sulawesi Barat, akhirnya dipastikan pengelolan keuangan daerah Kabupaten Mamuju tahun 2018 dinyatakan meraih kembali opini Wajar tanpa pengecualian (WTP) setelah tahun sebelumnya juga meraih predikat tertinggi penilaian profesional dari lembaga BPK tersebut.

Dalam seremoni penyerahan hasil laporan keuangan yang dilakukan di gedung BPK RI perwakilan Sulbar, Rabu, (22/5/2019), kepada Pemkab Mamuju, Kepala BPK RI Perwakilan Sulbar Eydu Oktain Panjaitan mengatakan, meski masih terdapat beberapa catatan dalam hasil pengelolaan keuangannya namun apa yang dicapai pemkab Mamuju  adalah sesuatu yang luar biasa yang berangkat dari keseriusan dan kerja keras jajaran pemerintah yang dipimpin oleh H. Habsi Wahid.

Hasil penilaian yang diberikan kata Eydu berdasarkan empat stadar penilaian yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah.

Kedua laporan keuangan harus dengan pengungkapan yang memadai atau transparansi, ketiga kepatuhan terhadap peraturan pemerintah, keempat adanya upaya memperbaiki sistim pengendalian intetnal.

“Keempat standar tersebut meski masih ada beberapa catatan namun upaya Pemerintah Jabupaten Mamuju yang begitu pro aktif membuat pengelolaan keuangan Mamuju tahun 2018 kami berikan opini WTP,” ucapnya.

Atas prestasi tersebut Bupati Mamuju H. Habsi Wahid mengaku berterima kasih atas pendampingan BPK yang tidak hanya bertindak sebagai pemeriksa yang mencari kesalahan namun dapat hadir sebagai motivator yang membimbing sehingga pengelolaan keuangan daerah dapat sesuai yang diharapkan.

Menutup penjelasannya, Habsi menegaskan kepada para kepala OPD Pemkab Mamuju bahwa keberhasilan tersebut adalah keberhasilan kolektif hasil kerja keras semua OPD, serta dukungan penuh dari lembaga legislatif selaku mitra pemerintah daerah, namun demikian ia berpesan agar kesalahan-kesalahan yang menjadi catatan BPK tidak terulang ditahun mendatang, sehingga WTP Mamuju dapat benar-benar paripurna dengan seminimal mungkin koreksi dari BPK RI.

“Terimakasih kepada kita semua atas dedikasi dan kerja kerasnya sehingga kita berhasil WTP lagi,” tutup Habsi.

(usman)

Baca Juga