Kakanwil Kemenkumham Sulbar Minta Seluruh Notaris Menjadi Peserta Aktif BPJS Ketenagakerjaan

Kakanwil Kemenkumham Sulbar Minta Seluruh Notaris Menjadi Peserta Aktif BPJS Ketenagakerjaan

Mapos, Mamuju – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kumham) Sulawesi Barat (Sulbar), Faisol Ali meminta kepada seluruh notaris di Sulbar untuk menjadi peserta aktif dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ( BPJS ) yang merupakan program yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Faisol saat membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Program Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Bagi Notaris Provinsi Sulawesi Barat yang dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Barat di Aula Pengayoman Kanwil. Kamis (7/4/2022).

Kakanwil Kemenkumham Sulbar Minta Seluruh Notaris Menjadi Peserta Aktif BPJS Ketenagakerjaan

Kakanwil mengatakan bahwa Kementerian Hukum dan HAM mendapat instruksi dari Presiden untuk mengambil langkah-langkah agar profesi notaris dan advokat menjadi peserta aktif dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan tanggungjawab dan kewajiban negara dalam rangka memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat, khususnya adalah para pekerja. Hak tersebut tertuang dalam UUD 1945 dalam pasal 28 H ayat (3) bahwa setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat,” ujar Kakanwil.

Selanjutnya, notaris yang merupakan pemberi kerja diharapkan mendapatkan perlindungan sosial baik bagi dirinya maupun bagi pekerjanya.

“Oleh karena itu kami menghimbau kepada seluruh notaris di kami menghimbau kepada seluruh notaris di Sulawesi Barat untuk menjadi peserta aktif dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” ujar Kakanwil.

Kakanwil menjabarkan data yang dimiliki oleh Kanwil Kemenkumham Sulbar terdapat setidaknya 52 orang notaris yang tersebar di seluruh wilayah kerja Sulawesi Barat.

Faisol Ali berharap semoga peserta notaris yang mengikuti kegiatan ini dapat menyimak penjelasan program serta manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Barat, Akhmad Hidayat mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini adalah tindak lanjut Kementerian Hukum dan HAM RI atas Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Hadir pada kegiatan ini Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Alexander Palti, Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Barat serta para notaris yang hadir secara langsung maupun online.

(*)