Rencananya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo yang bakal membuka event nasional itu secara langsung.

Sebelum pembukaan, Minggu pagi (27/8/23), Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat melakukan pemantauan para atlet asal Sulbar yang melakukan uji lapangan.

“Saya memeriksa kesiapan atlet yang ada di venue tempat latihan. Ini juga untuk memastikan kesiapan para atlet kita,” kata Kepala Dispora Sulbar, Safaruddin Sanusi.

Dia meminta para atlet Sulbar senantiasa menjaga kesehatan dan  spirit dengan baik sebelum berlaga.

“Mental atlet kita harus dijaga, termasuk spiritnya harus kuat,” ujarnya.

Tak hanya itu, bahkan secara detail, Kadispora juga mengingatkan pada pelatih dan pendamping untuk memperhatikan konsumsi atau makanan para atlet.

“Jaga makanannya anak-anak, jangan sampai makan makanan pedis bagi yang tak terbiasa, karena di Palembang makanannya memang sangat enak tapi pedis-pedis,” harap mantan Sekretaris DPRD Sulbar itu.

Popnas XVI Tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus – 4 September 2023 di kota Palembang.

Sulbar dikomandoi langsung oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat Safaruddin Sanusi DM. Kontingen berjumlah 87 orang yang terdiri dari 51 atlet, 14 pelatih, 16 official dan pendamping.

(*)