Kadispora Sulbar Buka Kejuaraan Karate Antar Pelajar

Mapos, Mamuju — Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM, membuka kegiatan Kejuaraan Karate antar Pelajar se Sulawesi Barat, Kamis (7/3/2024).

Kejuaraan Karate dipusatkan di Gedung Merah Putih Pemprov Sulbar 4-5 Maret dan diikuti sebanyak 82 atlet.

Kadispora Sulbar, Safaruddin Sanusi mengatakan, Karate merupakan Cabang olahraga (Cabor) unggulan di Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

“Kita Support ini adalah Karate, karena bisa dikatakan di Sulbar ini kita unggulkan, dan sesuai dengan arahan Pj Gubernur Sulbar,” ungkapnya.

“Sehingga, potensi ini harus terarah, begitu pun juga Cabor lain, dan khususnya karate menjadi perhatian khusus juga dari Pj Gubernur Sulbar,” lanjutnya.

Safaruddin mengungkapkan, Karate selama ini sudah menciptakan prestasi di tingkat nasional.

Oleh sebab itu kata dia, diharapkan muncul kader-kader dan atlet berbakat lain yang bakal mengharumkan nama Sulbar di kancah nasional.

“Pertama, kita ucapkan terimakasih kepada para pelatih dan wasit yang menjalakan agenda ini sehingga bisa berjalan dengan baik,” sebutnya.

“Insya Allah Dispora Sulbar tetap konsisten agar ini tetap menjadi prioritas agenda tahunan dalam mendorong prestasi Cabor kedepannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Dispora Sulbar, Agus mengungkapkan, kegiatan tersebut adalah bentuk pembinaan Dispora.

Tujuannya Kata Agus, untuk menggembleng puluhan atlet berkompetisi dari pelbagai tingkatan usia pelajar mempersiapkan atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Tingkar Nasional (Popnas) Aceh-Sumater Utara tahun 2025 mendatang.

“Ini adalah event binaan kepada atlet, menggembleng mereka sejak dini utamanya kemampuan fisik lewat beberapa event yang terlaksana, baik itu Oliampiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) atau pun Dispora Sulbar,” jelasnya.

“Dan ini adalah sesuatu yang harus dilalui anak-anak kita berlaga agar jam terbang mereka tinggi untuk menghadapi POPNAS, yang selanjutnya kita mempersiapkan atlet kita di Cabor ini,” lanjutnya.

Dispora Sulbar juga berkolaborasi dengan Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI) Provinsi Sulbar membina dan mencari atlet potensial.

Ketua harian FORKI Sulbar, Ahmad Namo menyebut terhadap penyelenggaran kegiatan, pihaknya mengaku telah menyiapkan agenda dengan baik.

“Ajang ini sebetulnya untuk jangka panjang, karena kalau tidak mulai dari sekarang akan sulit mencari bibit untuk kader yang muda, apalagi kita ini lagi merintis atlet muda untuk persiapan POPNAS, Pra PON,” tutupnya.

(*/adv)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...