Kades Balla Kerjasama Puskesmas Semprotkan Disinfektan ke Rumah Penduduk

Gambar Kades Balla Kerjasama Puskesmas Semprotkan Disinfektan ke Rumah Penduduk

Mapos, Mamasa — Berbagai upaya terus dilakukan pihak pemerintah hingga ke tingkat Desa dalam memerangi penyebaran covid 19 di wilayah masing-masing.

Tak terkecuali Pemerintah Desa Balla, Kecamatan Balla bekerjasama dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Balla pada Kamis (26/03/2020), melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah penduduk dan sejumlah rumah ibadah yang ada di Desa.

Tim yang melibatakan seluruh aparat desa dan Petugas kesehatan, dikoordinir langsung Kepala Desa Balla Obednego Yunus bersama Kepala Puskesmas Balla Yulius Payung Duasule. Mereka menyemprotan disinfektan di 370 rumah dan 10 rumah ibadah yang tersebar di Dusun-dusun dalam wilayah Desa Tersebut

Dikonfirmasi usai melakukan kegiatan, Kepala Desa Balla mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan atas inisiatif mereka dalam upaya menangkal penyebaran covid 19, khususnya di wilayah Desa Balla.

“Corona di Indonesia menjadi momok yang sangat menakutkan. Sehingga pemerintah desa mengambil inisiatif bersama Puskesmas setempat untuk melakukan upaya pencegahan. Melalui penyemprotan disinfegtan ke rumah-rumah penduduk,” Jelas Obednego.

Selain penyemprotan disinfektan, kesempatan ini juga sekaligus dimanfaatkan oleh Kepala Desa setempat untuk menyampaikan langsung kepada warga desa agar tidak melakukan aktifitas di luar rumah.

Obednego berharap langka antisipasi yang dilakukan pihak Pemerintah Desa ini, bisa membantu masyarakatnya agar terhindar dari ownularan virus covid 19.

Senada dengan itu Kepala Puskesmas Balla Yulius Payung, mengatakan, penyemprotan disinfektan yang mereka lakukan adalah upaya pencegahan dini oleh pemerintah Desa dan Pihak Puskesmas. Mengingat adanya kemungkinan mobilisasi warga yang datang dari luar.

“Karena kita tidak tahu siapa yang akan datang di wilayah desa sehingga sebaiknya dilakukan pencegahan awal. Untuk membunuh kuman atau virus yang kemungkinan menempel di rumah warga,” ungkap Yulius.

Adapun penyediaan bahan disinfektan yang digunakan, pengadaannya difasilitasi oleh Pemerintah Desa Balla. Yang kemudian dibuat di Puskesmas Balla oleh petugas kesehatan.

(anis)

Baca Juga