Ini Harapan Bupati Majene dalam Acara Serah Terima Sarana dan Peresmian TPS3R

0
153

Mapos, Majene — Bupati Majene Andi Achmad Syukri dalam acara Serah Terima dan sekaligus meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di Lingkungan Garo’go Kelurahan Baru, Kecamatan Banggae, Kamis (14/10/2021) memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada para pelaku program.

“Mulai dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Barat sebagai leading sektor program, sampai pada tingkat masyarakat melalui kelompok pemanfaatan dan pemanfaatan dan pemeliharaan (KPP) yang telah bersungguh-sungguh melaksanakan Program TPS3R dengan baik,” ucap Andi Achmad Syukri.

Dia berharap agar kegiatan ini bisa berlanjut pada wilayah-wilayah lain yang ada di Kabupaten Majene. “Dan bagi masyarakat selaku pemanfaat serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan selaku OPD teknis penanggungjawab supaya memelihara TPS3R,” tegas Andi Syukri.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Lebih jauh kata dia, Program TPS3R bertujuan untuk mengurangi kuantitas dan atau memperbaiki karakteristik sampah yang akan diolah secara lebih lanjut di tempat pemrosesan akhir (TPA).

“Dalam peyelengaraannya, kegiatan ini menekankan pada pelibatan masyarakat dan Pemda, Pemberdayaan masyarakat dan Pemda serta pembinaan dan pendampingan pemerintah daerah untuk keberlajutan TPS3R,” ucap Andi Syukri.

Menurutnya, penanganan sampah merupakan tanggungjawab semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah daerah.

“Kondisi yang ada saat ini, pemilihan dan pengurangan sampah sejak dari sumbernya (rumah tangga) masih kurang memadai, sehingga berbagai gerakan perlu ditingkatkan melalui peran tokoh masyarakat, kelompok pemanfaat dan pemelihara atau pemerintah,” terangnya.

Dalam menyukseskqn Program TPS3R, ia berpesan agan bantuan program dapat dikelola dengan baik. “Oleh karena itu, pean kelompok pemanfaat dan pemeliharaan yang telah ditunjuk harus lebih dioptimalkan dan harus dapat memberikan pelayanan secara adil kepada masyarakat,” tandasnya.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.