Harkitnas Dirayakan Secara Virtual di Majene

0
88

Mapos, Majene — Upacara memperungati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 113 Tingkat Kabupaten Majene dilaksanlan secara virtual dari Ruang Rapat Wakil Bupati Majene, Kamis (20/5/2021).

Dengan tema “Bangkit ! Kita Bangsa Yang Tangguh” acara itu dihadiri oleh Bupati Majene, Lukman Nurman, Dandim 1401 Majene, Letkol Inf Yudi Rombe, Kapolres Majene, AKBP Irawan Banuaji, Kajari Majene, Nursurya, Pj. Sekda. Majene, Suyuti Marzuki, Staf Ahli Bupati Bid. Ekbang, Asisten Bid. Pemerintahan dan Kadis. Kominfis. Majene.

Sementara untuk tingkat pusat dilaksanakan di Lapangan Parkir Utama Kementerian Kominfo RI.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Bertindak selaku Inspektur Upacara Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johny G. Plate. Dalam pidatonya yang dibacakan pada upacara menyampaikan, seratus tiga belas tahun lalu, perhimpunan Budi Oetomo meletakkan dasar dasar kebangkitan nasional bagi Bangsa Indonesia. Tiga hal penting yang diretas Budi Oetomo adalah : Pertama cita-cita untuk memerdekakan cita-cita kemanusian, kedua memajukan nusa dan bangsa dan ketiga mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat dimata dunia.

“Tiga hal di atas merupakan substansi makna Hari Kebangkitan Nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi, senantiasa diharapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya,” sebut amanah itu.

Pada era Prakemerdekaan, kebangkitan nasional mampu menjadi ruh gerakan perlawanan terhadap hegemoni penjajah, pasca kemerdekaan kebangkitan nasional menjadi inspirasi pelaksanaan pembangunan bangsa. Di era reformasi membawa Indonesia menuju pengelolaan negara yang lebih terbuka dan demokratis.

“Pandemi Covid19 berhasil memaksa kita untuk mengubah kebiasaan kita secara drastis, seperti interaksi fisik atau tatap muka didunia nyata berpindah ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi,” sebutnya.

“Hari kebagkitan nasional ini mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai Bangsa, dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan golongan. Mimpi kita untuk tancap gas memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebagkitan bangsa menuju *Indonesia Digitial, Semakin Digital, Semakin Maju*, tutup amanah yang disiarkan secara virtual itu.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.