Diskominfo Sulbar Gelar Diskusi Keterbukaan Publik Bersama Media

Gambar Diskominfo Sulbar Gelar Diskusi Keterbukaan Publik Bersama Media

Mapos, Mamuju – Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Sulbar menggelar diskusi tentang keterbukaan informasi publik Undang-Undang nomor 4 tahun 2008 bersama media di pantai Malawa Desa Sumare, Minggu (08/03/2020).

Sebagai narasumber pada diskusi ini yakni Kadis Kominfo Sulbar Safaruddin Sanusi, Ketua Komisi informasi publik (KIP) Sulbar Rahmat Idrus dan salah seorang Pimpred media online Samsul Samad.

Rahmat Idrus, mengisahkan, dahulunya sebelum disahkannya undang-undang keterbukaan informasi publik, informasi itu hanya milik para elit. Dimna masyarakat sangat minim menerima informasi pada itu menggelar hak asasi manusia.

“Undang-Undang nomor 4 tahun 2014. Tatanan itu berubah siapa saja yang bisa mengakses secara transparansi dan terbuka kecuali informasi yang dikecualikan yang sifatnya sangat rahasia. Diantaranya dapat menimbulkan gejolak dalam negara jika di publis,” terangnya.

“Baru-baru ini ada empat kasus sementara tahap tahap pemeriksaan ketika kita panggil yang bersangkutan, tetapi tidak hadir. Inilah juga perlu kita sosialisasika karena tidak ketidaktahuan mereka,” imbuhnya.

Kadis kominfo Sulbar Safaruddin Sanusi berharap, dengan digelarnya diskusi keterbukaan publik ini bisa memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat termaksud, juga cara pengaduannya. Menurutnya, selain KIP sudah terbentuk juga Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) di Sulbar.

“Dan nantinya juga sebagai tempat untuk pengaduan masyarakat tentang keterbukaan publik,” pungkasnya.

(narti)

Baca Juga