Demokrat Belum Tentukan Sikap Politik di Pilpres 2018

  • 11 Mar 2018
  • Politik
  • Super Admin
  • 125
Gambar Demokrat Belum Tentukan Sikap Politik di Pilpres 2018 SDK disela-sela rehat bersama sebagian kader Demokrat

Mapos, Bogor – Hingga hari kedua Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Bogor, Partai Demokrat masih belum menentukan sikap politiknya untuk Pilpres 2019. Meski sebelumnya sudah sinyal dengan berbalas pantun antara SBY dengan Jokowi.

“Kemungkinan belum ya. Rapimnas ini merupakan ajang mengevaluasi capaian Demokrat di beberapa momentum politik sebelumnya. Dan memang kita rasakan bahwa partai ini tidak akan efektif kalau hanya mengambil posisi sebagai penyeimbang,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Sulbar, Suhardi Duka (SDK), Minggu (11/03/2018).

SDK disela-sela rehat bersama sebagian kader Demokrat

Kendati demikian, di Rapimnas mencuat beberapa opsi terkait arah dukungan Demokrat di Pilpres 2019 mendatang. Seperti bergabung dengan koalisi besar dan kemungkinan melahirkan poros politik baru.

“Dengan ketentuan seperti yang disampaikan pak SBY, yakni mempunyai visi yang sama dan menyusun program bersama, dengan kepentingan bersama. Respon Jokowi juga bagus dan itu adalah salah satu alternatif. Sukup bagus peluangnya,” aku SDK.

“Kita akan melihat empat bulan terakhir ini. Kalau melihat posisi AHY (Agus Hari Murti Yudhoyono) cukup bagus surveynya, kemungkinan besar kita akan mengambil posisi poros baru. Walaupun disadari jika itu sulit. Akan tetapi politik itu dinamis, sehingga kemungkinan-kemungkinan itu tidak tertutup,” imbuh Bupati Mamuju 2 periode itu.

Opsi terakhir yang muncul adalah kemungkinan beropisisi. Tapi SDK menilai kecil
kemungkinannya.

“Sebab memang kita tidak pernah mengambil posisi itu selama Demokrat ada. Rapimnas ini akan tidak akan memutuskan secara gamblang seperti apa posisi Demokrat. Meski kemungkinan-kemungkinan itu tetap terbuka. Pada akhirnya, empat bulan terakhir, itu yang akan kita putuskan,” ulas SDK.

(hanif manap)

Baca Juga