Bupati Majene Tekankan pada Nelayan Agar Ikut Arus Modernisasi

  • 4 Apr 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 260
Gambar Bupati Majene Tekankan pada Nelayan Agar Ikut Arus Modernisasi

Mapos, Majene – Sebagai nelayan yang baik, jangan hanya berpatokan pada pengalaman turun menurun, namun juga harus ikut arus moderenisasi sesuai dengang perkembangan Iptek saat ini.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Majene Fahmi Massiara saat membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat Tahun Anggaran 2019, di Aula LPMP Majene, Kamis (4/4/2019).

Pendidikan dan latihan ini merupakan Diklat Dasar – Dasar Keselamatan Kapal Tradisional (BST KLM) dan Kecakapan Kapal Tradisional (SKK 60 Mil) asal Majene diselenggarakan oleh Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Konsep sebenarnya, kata Fahmi ditujukan kepada nelayan, sehingga dibutuhkan kerja sama yang baik dengan Dinas Kelautan dan Perikanan, karena keduanya punya kesamaan yaitu bergelut dengan para nelayan.

Dia yakin dalam Diklat ke 3 yang Ia buka kali ini para peserta pasti semua sudah berpengalaman.

“Jadi, kedepannya dalam pembelajaran selanjutnya tentu akan lebih banyak diskusi dengan pengajar,” tutur Fahmi Massiara.

Oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Majene katanya, sudah mengeluarkan kartu asuransi bagi para nelayan sebagai santunan jika mengalami kecelakaan dilaut.

Lebih jauh kata dia, hampir semua nelayan yang keluar menacari ikan seperti ke Lombok, Kendari dan sebagainya, banyak nelayan berasal dari Majene.

Akhirnya, Bupati Fahmi berharap agar semua peserta dapat mengikuti materi dengan seksama dan serius, karena menjadi bekal ilmu kedepan.

(ipunk)