90 Persen Personel Polres Majene Tidak Jaga Kesehatan Gigi

  • 14 Mar 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 317
Gambar 90 Persen Personel Polres Majene Tidak Jaga Kesehatan Gigi

Mapos, Majene – Sebagai tindakan preventif untuk membuat personel Polri tetap sehat dan bugar, jajaran Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Sulbar melakukan pemeriksaan kesehatan berkala ke seluruh Polres di Sulbar.

Menurut Kabid Dokkes Polda Sulbar, AKBP drg M Zakir di sela-sela pemeriksaan kesehatan personel Polres Majene di Aula Wira Pratama 97 Mapolres Majene, Kamis (14/3/2019) menyebut, tujuannya pemeriksaan itu dimaksudkan supaya kesehatan seluruh anggota Polri diperhatikan dan dapat segera terdeteksi jika ada ditemukan penyakit, baik itu penyakit ringan maupun berat.

“Sehingga dapat segera diantisipasi. Karena, jika anggota tidak sehat tentu dapat menggangu tugas-tugasnya di lapangan,” kata M Zakir.

Dikatakan, pihaknya dalam melakukan pemeriksaan pisik secara umum bagi anggota Polri menggandeng Kimia Farma Makassar.

Personel Polres Majene Tengah Periksa Kesehatan di Aula Wira Pratama Mapolres Majene, Kamis 14 Maret 2019. Foto : ipunk

“Kita menggandeng Kimia Farma dalam kegiatan ini. Pemeriksaan dilakukan yaitu pemeriksaan pisik, pemeriksaan laboratorium, rontgen, EKG jantung, dan treadmill termasuk HIV dan juga narkoba,” akunya.

Sedangkan dokter yang diikutkan dalam kegiatan itu katanya, seorang dokter ahli jantung dari luar dan dokter umum.

Disinggung soal hasik cek kesehatan yang dilakukan hari ini, kata dia belum bisa didapatkan karena masih menunggu hasil lab.

“Kita tunggu hasil lab sekitar dua atau tiga hati kedepan. Jika ditemukan ada anggota yang menderita salah satu penyakit, maka kita akan buat rekomendasi supaya mendapatkan perawatan ke jenjang selanjutnya,” sebut M Zakir.

Lebih jauh katanya, untuk hasil sementara, pihaknya menemukan sekitar 90 persen kesehatan gigi Personel Polres Majene kurang diperhatikan.

“Kebanyakan sudah berubah warna dan bisa diakibatkan oleh rokok,” sebut M Zakir.

Dia berharap personel Polri selalu berpartner dengan kesehatan dan terus melakukan pengecekan kesehatan secara berkala.

“Jika ada keluhan kesehatan segera meminta kepada bidang kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan. Supaya penyakit segera terdeteksi secara dini,” pungkasnya.

(ipunk)