Warga Minta Lahan yang Ditempati Gudang Toko Subur Segera Dieksekusi

Gambar Warga Minta Lahan yang Ditempati Gudang Toko Subur Segera Dieksekusi

Mapos, Mamuju – Puluhan warga di Mamuju mendatangi kantor Pengadilan Negeri (PN) Mamuju. Kedatangan mereka meminta agar pihak PN segera melaksanakan eksekusi lokasi yang ditempati gudang toko Subur.

PN dianggap lambat melaksanakan keputusan Mahkamah Agung RI.

Apalagi, keputusan tersebut sudah berkekuatan hukum tetap hingga MA. Baik itu hukum perdata maupun pidana.

“Sebab, tidak tersedia dalam hukum positif kita untuk tidak melaksanakan eksekusi keputusan hukum yang berkekuatan hukum tetap. Jika PN tidak melaksanakan berarti melanggar hukum dan menyalahi kewenangan,” kata pihak yang memenangkan sengketa, H. Muhammad Ding, Kamis (14/3/2019).

Sebagaimana diketahui, kasus sengketa lokasi yang ditempati sebagai gudang toko subur di jalur dua kali Mamuju, jalan poros trans Sulawesi dalam proses gugatan di MA, dimenangkan oleh Muhammad Ding, selaku pemilik lokasi dan telah mendapatkan putusan MA dan sudah berkekuatan hukum tetap (inckrah) pada tahun 2009, namun belum juga dilaksanakan oleh pihak PN.

Padahal, Muhammad Ding memenangi gugatan mulai hingga MA.

“Suka atau tidak, keputusan tersebut harus dipatuhi. Tidak bisa lagi untuk menolak. Apalagi keputusan tersebut sudah incrah,” ujarnya.

Wakil PN Mamuju, Herianto saat menerima massa aksi

Sementara itu, Wakil Ketua PN Mamuju, Herianto saat menemui massa aksi meminta agar pihak yang dimenangkan MA agar segera memasukkan surat sesuai dengan prosedur yang ada.

“Saya sarankan agar pihak yang dimenangkan MA agar segera memasukkan surat ke PN. Kita akan pelajari dan selanjutnya akan menjalankan putusan tersebut,” ucapnya.

(usman)

Baca Juga