TPS3R Belum Dikelola Secara Optimal

0
117

Mapos, Majene – Dalam sosialisasi tempat pembuangan sampah (TPS) pola reduce, reuse dan recycle (3R) terungkap bahwa pengelolaannya yang diserahkan kepada masyarakat belum optimal.

Menurut Bupati Majene Fahmi Massiara, pelaksanaan sosialisasi kabupaten (soskab) TPS3R tahun 2018 di kantor Bapeda Kabupaten Majene Jum’at (20/4/2018) kemarin tahun ini merupakan kegiatan kerjasama antara pihak Pemkab Majene dengan Kementerian PU melalui satker PLP Provinsi Sulawesi Barat.

“Tujuannya, untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pengelolaan sampah dan perilaku hidup herslh dan sehat bagi masyarakat. Kegiatan ini terlaksana sejak tahun 2012 sampai 2016. Pemkab Majene mendapat bantuan sarana sebanyak 7 unit TPS3R yang tersebar dibeberapa desa dan kelurahan. Dan rencana tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Majene akan diberikan 1 unit pembangunan TPSBR dan sudah di sepakati bersama,” ungkap Fahmi Massiara.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Hanya saja, diketahui bahwa sarana TPS3R tersebut dikelola oleh kelompok swadaya masyarakat yang ada di desa maupun kelurahan setempat, namun pemanfaatannya belum maksimal dikarenakan beberapa faktor diantaranya kesiapan lembaga pengelolaan dl masing masing TPS3R tersebut.

Oleh karena Itu lanjut Fahmi, diharapkan kepada lemerintah desa maupun pemerintah kelurahan untuk melakukan pembinaan para kelompok swadaya masyarakat yang telah ada dalam rangka mengelola sarana TPS3R tersebut.

Fahmi Massiara berharap semua stakeholder terkait untuk dapat bersinergi memberikan saran atau solusi agar sarana tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk dapat mewujudkan cita-cita bersama yaitu Majene Mapaccing dan pencapaian target universal akses100-O-100.

Turut hadir dalam acara, asisten II Sekda Kabupaten Majene, Kepala Satker PLP Provinsi Sulbar yang diwakih oleh Fasilitator Proyinsi TPS3R, para kepala OPD se Kabupaten Majene, camat Banggae dan Banggae Timur Kabupaten Mayene, para lurah, para kepala desa, tim Kotaku, koordinator Pakai jas, koordinator P3MD, ketua KSM TPS3R se Kabupaten Majene dan undangan lainnya.

(ipunk)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.