Terkait Satu Positif Korona di Pinrang, Ketua Tim Gugus Covid Majene Angkat Bicara

  • 25 Mar 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 1202
Gambar Terkait Satu Positif Korona di Pinrang, Ketua Tim Gugus Covid Majene Angkat Bicara

Mapos, Majene — Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan kembali membeberkan data terkini Covid-19 di wilayah kerjanya, Selasa (24/3/2020) kemarin.

Tercatat, 7 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 1 pasien positif.

Menanggapi hal itu, Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid 19 Majene, Ilhamsyah mengatakan, dengan adanya kasus di Pinrang membuat tim semakin mempertajam pencegahan.

“Itu akan menjadi perhatian bagi kami dengan tetap berkoordinasi dengan instansi terkait seperti pihak Dinas Kesehatan,” katanya, Rabu (25/03/2020).

Selain Pinrang, satu orang lainnya yang merupakan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) tengah di rawat di RSUD Polman, menjadi perhatian bagi tim karena merupakan daerah tetangga.

“Itu juga menjadi perhatian kami. Namun, keterangan dari otoritas terkait di Polman, belum ada hasil lab yang menyatakan dia positif atau negatif corona,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Majene ini.

Kendati belum ada ketarangan resmi soal positif tidaknya seorang PDP di Polman, Ia tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan penyebaran virus covid-19 ini.

“Saya minta supaya masyarakat turut mendukung memutuskan mata rantai penyebaran virus mematikan ini dengan jalan hindari berkumpul dengan melibatkan banyak orang, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Rutin cuci tangan dan memakai masker saat ke luar rumah serta konsisten melakukan social distancing,” akunya.

Sementara, Pemerintah Republik Indonesia kembali memperbaharui data perkembangan penanganan virus corona alias covid-19. Hingga Selasa (24/3/2020), terdata ada kenaikan kasus yang cukup signiflkan.

Untuk update Covid 19 corona di Sulsel, Selasa malam (24/03/2020) tercatat 4 orang positif dan 1 meninggal dunia.

Berdasarkan data yang dilansir di laman resmi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Indonesia terdapat penambahan 107 kasus pada hari ini.

Total jumlah pasien terkonflrmasi positif virus corona di Indonesia mencapai 686 orang.

Dari total 686 orang, 601 pasien tengah menjalani perawatan, 30 orang berhasil sembuh den 55 pasien dilaporkan meninggal dunia.

Khusus untuk Sulsel, pada Selasa kemarin, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan adanya tambahan dua kasus baru.

Total, jumlah pasien positif terinfeksi covid-19 di Sulsel menjadi empat orang, dimana satu orang di antaranya meninggal dunia.

Belum ada penjelasan maupun konflrmasi dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi mengenai tambahan dua kasus baru covid-19.

Sebelumnya, dua kasus pertama yakni pasien 285 dan 286, dimana pasien 285 dilaporkan meninggal dunia.

(*)