Sutinah Melenggang Diantara Dilema Jilid 2 Habsi-Irwan

  • 24 Jul 2019
  • Politik
  • Sudirman Al Bukhori
  • 482
Gambar Sutinah Melenggang Diantara Dilema Jilid 2 Habsi-Irwan

Mapos, Mamuju – Beberapa lembaga survey nasional seperti Charta Politika dan JSI telah melakukan survey Pemilu 2019 pada bulan Februari dan Maret. Nama Sutinah pertama kali terjaring dalam survey JSI pada Pemilu 2019 diposisi empat dari simulasi enam kandidat calon Bupati Mamuju 2020.

Hal ini dinilai oleh direktur Logos Politika, Maenunis Amin, sebagai tren bagus bagi Sutinah yang mulai disandingkan dengan petahana Habsi Wahid dan Irwan Pababari.

“Pebruari-Maret 2019 Charta Politika dan JSI melakukan survey. Simulasi JSI adalah 6 kandidat dimana Habsi Wahid dan Irwan Pababari diposisi satu dua sedangkan Sutinah di posisi ke empat. Tapi perlu dicatat bahwa Sutinah tidak bersosialisasi sepanjang Pileg lalu. Sedangkan Habsi ataupun Irwan gencar berkampanye bersama para Caleg Nasdem dan Hanura,” sebut Maenunis.

Menurutnya, Sutinah yang mulai bergerak sebulan terakhir ini mampu menunjukkan tren peningkatan sangat signifikan. Itu dilihat dari hasil survey terbaru per bulan Juli.

“Juli ini sudah ada lagi survey baru yang turun dengan simulasi belasan kandidat dan hasilnya cukup fantastis. Sutinah sudah diposisi kedua dalam kota Mamuju sementaranya di Kalukku-Sampaga sudah stabil diposisi ke 3. Itu berarti tren Sutinah naik signifikan dibanding survey sebelumnya,” imbuh mantan Tenaga Ahli Gubernur Sulbar ini.

Masih menurutnya, jika tren dua fase survey tersebut dijadikan variabel, maka baik Habsi ataupun Irwan bisa menjadi gamang. Kedua petahana ini disebutnya akan dilematis antara memilih tetap bersama atau keluar menggandeng Sutinah.

(usman)

Baca Juga