Surat Suara Kurang, Warga Tambayako di TPS 12 Protes

0
22

Mapos, Mamuju – Sejumlah warga Lingkungan Tambayako Kelurahan Simboro memprotes KPPS karena masih banyak warga yang belum menyalurkan hak pilihnya. Sementara surat suara sudah habis.

Salah seorang warga Arsyad, mengatakan, yang memiriskan adalah ada warga di luar Tambayako yang memilih di TPS 12.

“Seperti warga Karema, mereka diterima memilih disini. Sedang warga setempat yang tidak dapat surat panggilan, masih banyak yang belum menyalurkan hak pilihnya,” tutur Arsyad, Rabu (09/12/2020).

Dia pun mengajukan keberatan langsung ke KPPS dan Bawaslu yang ada di lokasi. Arsyad juga menyesalkan petugas pendata yang tidak paham dengan kondisi dan jumlah penduduk Tambayako.

“Banyak warga Tambayako yang tidak dapat surat panggilan. Saya kenal mereka semua. Mereka terpaksa menggunakan KTP,” katanya.

Ditekankan Arsyad, mestinya ada tambahan surat suara untuk mengakomodir pemilih yang tidak terdata dan hal-hal tak terduga lainnya.

Pemuda Tambayako, Alfian, pun mengaku kecewa karena tidak punya hak pilih dalam Pilkada kali ini.

“Bukan saya tidak mau, tapi karena surat suaranya habis. Padahal KPU sudah mengimbau, jangan golput. Jadi saya dan warga yang tidak bisa memilih lainnya seakan dipaksa untuk golput,” paparnya.

Dari pantauan di lapangan, kasus serupa pun terjadi di beberapa TPS. Dan karena kesibukan para petugas, upaya konfirmasi ke Bawaslu dan KPU masih terus dilakukan.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.