Sukses! Polres Matra Gelar Kegiatan Sarkon Matra

IMG-20170926-WA0076Mapos. Matra – Kegiatan Sambang Masyarakat. Program SARKON MATRA (Sambang Area Konflik Mamuju Utara) yang digelar oleh Polres Mamuju Utara (Matra) di pusatkan di Dusun Gumba Salu Desa Kalola Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Matra.

Kegiatan Sarkon Matra digelar pada pukul 14.30 hingga 16.30 WITA. Selasa, (26/09/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan guna menyelesaikan permasalahan antara pihak Perusahaan PT.Toscano Indah Pratama dengan Masyarkat Dusun Gumba Salu Desa Kalola.

Adapun Kegiatan itu di hadiri oleh, Kapolres Matra AKBP Made Ary Pradana, Kapolsek Bambalamotu AKP Ahmad Syarif Tola, Kasat Intel Polres AKP Keimas, Bhabinkamtibmas Brigadir Asdar dan Kepala Desa Kalola Logawali.

Dalam sambutannya Kepala Desa Kalola Logawali menyampaikan, sebagai Pemerintah Desa bersama masyarakat mengucapkan terima Kasih kepada kapolres Matra beserta jajaran atas kesempatan dan waktunya mengunjungi Desa kami dan bisa bertatap muka dengan para masyarakat. Ini adalah kedatangan Kapolres pertama kali ke Dusun selama Pasangkayu berdiri jadi Kabupaten.

“Ini yang pertama kali kunjungan Kapoles selama pasangkayu menjadi kabupaten, semoga dengan kedatangan Kapolres bisa membantu dan membuka tali silaturahmi sesama masyarakat di Dusun ini”, ungkap Logawali.

Lebih lanjut disampaikan, masyarakat Dusun Gumba Salu dan Tawe Lauro manfaatkan Moment ini untuk menyampaiakan segala permasalahan yang terjadi Di Desa kita.

IMG-20170926-WA0078

Sementara itu, Kapolres Matra AKBP Made Ary Pradana.S.I.K.MH dalam sambutannya mengatakan, selaku Kapolres Matra, saya berterima kasih atas sambutan masyarakat di Dusun Gumba Salu dan Tawe Lauro dan saya merasa senang bisa bertemu serta bertatap muka dengan semua masyarakat dusun Gumba Salu dan Tawe Lauro.

Lanjut dikatakan, ini menunjukkan bahwa masyarakat telah dewasa dalam menghadapi permasalahan yang ada serta mau berkoordinasi dengan pihak kepolisian, tuturnya.

Tujuan saya mengadakan pertemuan ini hanya ingin mendekatkan diri kepada masyarakat, imbuh Made Ary.

Ia menyampaikan, kapanpun masyarakat membutuhkan kehadiran saya, Insya Allah Saya bersedia, ucap Made Ary.

Lebih jauh Ia menyampaikan, Polisi sebagai pihak keamanan hanya bisa membantu dalam memfasilitasi bagaimana permasalahan bisa ditangani secara aman dan tertib. Jalur Koordinasi yang ada agar di pergunakan sebagaimana mestinya dan tidak keluar dari koridor hukum.

Ditempat yang sama, Kepala Kampung Padang Desa Kelola Basir meminta agar Bau limbah serta adanya perbaikan jalan untuk masyarakat.

Menanggapi pertanyaan Basir, Kapolres Matra mengatakan, penanganan limbah dan perbaikan jalan akan saya koordinasikan dengan Pemda. Kepala Dusun juga merupakan bagian dari unsur Pemda dan wajib menyampaikan secara berjenjang, baik itu Kepala Desa dan Camat agar saling berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup terkait penanganan limbah dan mengenai perbaikan jalan, aparat desa, camat sering lakukan koordinasi ke Dinas PU Kabupaten Matra.

Adapun permintaan masyarakat atas nama Kaswin agar Kapolres Matra bisa memfasilitasi ke PT. Toscano agar masyarakat bisa dibangunkan Masjid / Musallah serta membuka meminta agar PT. Toscano lowongan kerja untuk masyarakat, ditanggapi secara bijak oleh Kapolres Matra.

Kapolres Matra menyampaikan, Saya dan Kapolsek Bambalamotu akan melakukan koordinasi dengan Perusahaan. Dengan catatan masyarakat dapat menetapkan lokasi yang jelas untuk Mushola dan saya selaku Kapolres Matra juga akan memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan, tuturnya.

Terkait dengan Lowongan pekerjaan di PT.Toscano Indah Pratama, BKTM, saya akan melakukan pendataan kepada seluruh masyarakat Gumba Salu dan Tawe lauro sesuai dengan bidang dan keahliannya kemudian akan kita sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, tutupnya.

Usai kegiatan tersebut, Kapolres Matra memberikan bantuan 3 buah karpet sajadah kepada masyarakat untuk dipergunakan di dalam Mesjid Desa.

(usman)