SMP Negeri 4 Majene Sosialisasikan Full Day School

  • 10 Jan 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 403
Gambar SMP Negeri 4 Majene Sosialisasikan Full Day School

Mapos, Majene — Penerapan 5 hari sekolah atau lazim disebut full day school bukan hal baru karena sudah lama dituangkan dalam peraturan dan surat edaran menteri pendidikan RI.

Untuk dapat dipahami oleh berbagai pihak terutama para orang tua siswa, Kepala SMP Negeri 4 Majene, Ny Hj Fatmawati Fahmi melakukan sosialisasi, di SMP Negeri 4 Majene, Jum’at (10/01/2020).

Dikatakan, lima hari sekolah atau per delapan jam sehari dalam sepekan merupakan kebijakan implementasi dari program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). 

“Lima hari sekolah  bukan hal yang baru, selain termuat dalam Peraturan Menteri, kita juga telah melakukan kajian atas kebijakan tersebut termasuk pada pertengahan 2019 lalu, kita telah melakukan kaji banding tentang pelaksanaan full day school di Negeri Malaysia. Saya menilai, hal tersebut  postif dan telah menjamin pemenuhan hak-hak anak. Kita mau anak-anak meredeka dalam belajar, ini juga hasil konsultasi kami dan ditindaklanjuti melalui edaran,“ ungkapnya.

Senada dengan Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Nurdin. Kata dia, seharusnya kebijakan tersebut telah berjalan sejak 3 tahun lalu.

“Hanya saja membutuhkan kajian sehingga perlu dikomunikasikan ke orang tua. Kebijakan ini untuk menjaga kualitas waktu anak dan orang tua, ada satu hari full bersama, untuk meningkatkan karakter bagi anak,“ jelas Nurdin.

Diketahui, full day school telah berlaku di Kabuoaten kota lain di Indonesia termasuk Makassar.

(ipunk)