Semester I 2020, BP Jamsostek Sulbar Bayar Klaim Rp31,68 Milyar

Gambar Semester I 2020, BP Jamsostek Sulbar Bayar Klaim Rp31,68 Milyar

Mapos, Mamuju – BP Jamsostek Kantor Cabang Sulawesi Barat selama semester 1 Tahun 2020 telah membayarkan klaim sebesar Rp31,68 milyar untuk 3.240 peserta. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Cabang Sulawesi Barat Iman M Amin di Kantor BP Jamsostek Cabang Sulawesi Barat.

Dari 31,68 Milyar tersebut, sekitar 93.22% atau sebanyak Rp29,5 Milyar merupakan klaim Jaminan Hari Tua yang telah dibayarkan. Iman menyampaikan bahwa peserta yang mengajukan pencairan klaim Jaminan Hari Tua, kebanyakan merupakan peserta yang mengundurkan diri dan yang terkena pemutusan hubungan kerja.

“Ditengah-tengah maraknya penyebaran virus covid-19 di masyarakat dan tenaga kerja yang banyak dirumahkan karena perusahaan mengikuti arahan pemerintah daerah untuk mengurangi jam kerja perusahaan, BP Jamsostek Cabang Sulawesi Barat yang mencakup wilayah Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah, Mamasa, Polewali Mandar, Majene dan Kabupaten Pasangkayu tetap berkomitmen dalam melayani peserta yang mengajukan klaim,“ ungkap Iman M Amin, Selasa (07/07/2020).

BP Jamsostek, lanjutnya, selalu berinovasi terkait pelayanan klaim kepada peserta di era new normal ini. Program layanan LAPAK ASIK atau Pelayanan Tanpa Kontak Fisik yang diterapkan sejak tanggak 23 Maret 2020 telah dikembangkan.

Saat ini pelayanan klaim terutama pelayanan pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) dapat dilakukan dengan 2 metode LAPAK ASIK yaitu Layanan LAPAK ASIK secara online, dan secara offline.

Layanan online dilakukan dengan peserta mengakses link antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id dimana peserta dapat memilih cabang mana yang akan di ajukan untuk pencairan klaim. Setelah itu peserta dapat mengupload berkas klaim melalui link yang diberikan. Selanjutnya petugas BP Jamsostek akan menghubungi peserta melalui layanan Whatsapp dan Video Call untuk melakukan verifikasi lebih lanjut.

BP Jamsostek Cabang Sulbar juga menerima Layanan Lapak Asik secara offline. Dmana saat peserta datang ke Kantor Cabang, diperiksa suhu badan, berkas yang dibawa disemprotkan desinfektan dan peserta diberikan hand Sanitizer. Layanan dilakukan dengan menggunakan media Video Call yang telah disiapkan di Kantor Cabang Sulawesi Barat dimana Customer Service dapat melayani lebih dari dua orang peserta dengan metode One To Many.

“Kami tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam melayani peserta yang datang sehingga peserta dapat dilayani dengan tepat dan cepat karena itu merupakan komitmen dari BP Jamsostek, memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pekerja Indonesia,” tutup Iman.

(*)

Baca Juga