Sekprov: Tantangan Media Makin Berat

0
145

Mapos, Mamuju – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) memasuki usianya yang ke 4 pada 7 Maret 2021.

Di Sulbar, pengurus serikat ini merayakan ulang tahun secara sederhana. Bersama Sekprov Sulbar Dr Muhammad Idris DP, Kadis Kominfopers Sulbar Safaruddin Sanusi DM, mantan Ketua DKD PWI Sulbar Muh. Salil serta beberapa pejabat, Selasa malam, 9 Maret 2021 di Rujab Sekprov Sulbar.

Ketua SMSI Sulbar Naskah M Nabhan, menyebutkan, serikat ini merupakan organisasi perusahaan pers. Selain SMSI, di Sulbar juga ada AMSI, kemudian ada juga SPS.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

“Alhamdulillah, karena malam ini kita bisa peringati ultah ke 4 SMSI. Sebenarnya ini bisa lebih besar, tapi ada aturan pencegahan covid yang harus dipatuhi. Kemudian, kita masih berduka karena gempa baru-baru ini. Jadi tidak elok kalau bikin sesuatu yang bisa melukai nurani,” kata Naskah.

Naskah menegaskan, semua Pemred yang bergabung di SMSI berkompetensi wartawan utama.

“Paling tidak ini menjadi cerminan bahwa yang berhimpun dalam SMSI adalah mereka yang memiliki SDM mumpuni dan mampu bekerja profesional,” ujar Komisaris Utama PT. Radar Sulbar Media Siber ini.

Di tempat sama, Sekprov Sulbar Dr Muhammad Idris DP menyampaikan terima kasih karena malam ini bisa duduk bersama sebagai bagian dari kesyukuran kepada Allah atas ulang tahun ke 4 SMSI.

Selanjutnya, kata Idris, kalau berbicara pembagian peran antara berbagai macam elemen penyanggah demokrasi di Indonesia, maka pers memegang tanggungjawab yang tidak ringan. Pers harus mampu manyuarakan kebenaran dan memperjuangkan kepentingan umun.

“Media tentu saja menjadi salah satu pilar yang bisa memainkan peran penting. Saya melihat, SMSI ini adalah satu kekuatan besar. Ini saya anggap momentum terbaik. Saya kira ada catatan-catatan untuk kita tingkatkan,” tutur Idris.

Ia berharap kedepan SMI bisa mengambil peran yang lebih kongkrit, terutama bagaimana menginisiasi perkembangan media yang lebih inovatif. Apalagi ini dominan kompetensinya adalah wartawan utama.

Selaku pemerintah, Idris juga berharap SMSI bisa menjadi motor penggerak tumbuhnya semangat daya saing di Sulbar. Semakin tinggi persaingan semakin dibutuhkan fokus. Kemudian hadirnya talenta-talenta muda yang lebih andal.

“Saya berharap SMSI semaki maju. Serikat ini harus bisa lebih bagus kedepan. Saya ingin menyampaikan selamat ulang tahun. Dan kita berdoa agar pandemi dan musibah ini segera berlalu agar ulang tahun ke lima bisa meriah. Semoga Allah meridhoi perjuangan kita,” katanya.

Idris pun mengingatkan, tantangan media ke depan makin jauh lebih berat.

“Sebab daerah kita ini kian terbuka. Apalagi ibukota negara akan pindah ke lokasi yang dekat dengan Sulbar. Besar kemungkinan, justru pindah ke Sulbar. Sehingga potensi tantangan itu makin besar. Kompetisinya akan makin terbuka,” katanya.

Idris berharap, SMSI melahirkan talenta-talenta pengelolaan media yang profesional dan mempekerjaan generasi muda kompeten.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.