SDK: Pandai Kelola Pertanian, Petani Pasti Sejahtera

0
141

Mapos, Mamuju “Petani bisa sejahtera dan dapat menghasilkan hasil pertanian yang lebih banyak, itu jika petani memiliki kapasitas. Pintar dalam mengelola pertanian.”

Hal itu disampaikan Anggota DPR RI komisi IV Suhardi Duka (SDK) dalam kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapasitas petani dan penyuluh Provinsi Sulawesi Barat yang digelar di Kecamatan Tappalan,g Mamuju. Sabtu (17/04/2021).

“Bagaimana caranya pintar? Ada dua, yang pertama adalah melalui lembaga formal, anak-anak kita sekolahkan di sekolah pertanian. Yang kedua adalah melalui lembaga pelatihan,” kata SDK.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

SDK menuturkan, petani juga harus pandai melihat pangsa pasar. Agar petani mempunyai kejelasan harga saat panen tiba.

“Kalau pasarnya lagi bagus itu yang ditanam, kalau pasarnya lagi lesu jangan itu ditanam pasti harganya murah,” jelasnya.

Ketua DPD Partai Demokrat Sulbar ini berharap, dengan kegiatan tersebut petani bisa banyak menyerap pengetahuan, agar kedepannya, penghasilan petani bisa jauh lebih baik.

“Kita coba perbaiki semua, sepanjang saudara-saudara punya nawaitu untuk jadi petani yang betul-betul lebih baik. Saya ingin lima tahun kedepan, saudara-saudara menjadi petani yang kaya, sudah bisa naik haji dan memiliki mobil,” harap SDK.

Pada kesempatan itu juga Bupati Mamuju dua periode ini menyampaikan keinginan untuk mengembangkan padi gunung yang tersebar di empat desa di Mamuju.

Hasil padi yang selama ini hanya satu ton per hektar, sudah harus naik hingga tiga kali lipat jika petani ingin sejahtera.

“Kalau kita hanya menanam padi, satu ton satu hektare penghasilannya, maka kota akan miskin sepanjang masa. Kita bisa sejahtera apabila kita mencapai tujuh ton per hektar,” pungkasnya.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.