RS Mitra Manakarra Bukan Rujukan Covid-19, Tapi Tetap Siapkan Ruang Isolasi

Gambar RS Mitra Manakarra Bukan Rujukan Covid-19, Tapi Tetap Siapkan Ruang Isolasi

Mapos, Mamuju – Meski tidak menjadi rumah sakit rujukan di Sulbar, RS Mitra Manakarra tetap menyediakan ruang khusus untuk isolasi suspect pasien Covid-19. Langkah ini sebagai antisipasi pada rumah sakit yang sampai sekarang tidak memiliki seorang pun pasien positif Covid-19

“Kami tidak tahu latar belakang pasien yang datang, demikian juga dengan riwayat penyakitnya. Karenanya, di masa pandemi Corona ini kami tetap menyiapkan ruang isolasi untuk pasien yang diduga memiliki gejala terinfeksi virus itu sebelum pasien kami rujuk ke RS. Regional,” tutur Direktur RS. Mitra Manakarra dr. Nexriana, M.Kes kepada Mapos di ruang kerjanya, Rabu (13/05/2020).

Ruang isolasi berada di UGD. Sehingga tidak bersatu dengan ruang rawat inap pada umumnya.

Diungkapkan, kewenangan RS. Manakarra hanya pada pemeriksaan saja. Keputusan finalnya ada di RS. Regional sebagai rumah sakit rujukan.

Direktur RS. Mitra Manakarra, dr. Nexriana, M.Kes

“Semua tenaga medis di UGD dilengkapi dengan APD dan kami tidak memiliki alat yang bisa mendeteksi kondisi pasien. Jika sudah statusnya mengarah ke PDP, kami langsung rujuk ke RS Regional. Namun jika hanya sakit biasa, kami isolasi dulu dan diperiksa secara intensif,” katanya.

Diakui, ada beberapa pasien yang memiliki gejala. Setelah diisolasi dan dirawat, pasien tersebut sembuh.

“Tapi dulu ada juga pasien yang sebelumnya tidak diduga sudah mengidap Covid-19 datang memeriksakan kesehatannya di Mitra. Kami sudah periksa kondisi umumnya dan saat diisolasi, pasien tersebut meninggal. Disinilah diperlukan kejujuran atas riwayat kesehatan. Sebab itu salah satu dasar pemeriksaan. Jika sejak awal jujur, kami tentu langsung rujuk ke RS Regional,” tuturnya.

Selama pandemi Covid-19 ini, RS. Mitra Manakara melaksanakan protap yang ditetapkan pemerintah. Seluruh tenaga medis, karyawan hingga pasien wajib menggunakan masker. Hampir disetiap sudut ada hand sanitizier.

(*)

Baca Juga