Polres Polman Terapkan Kedisiplinan Anak Lewat Program Polisi Cilik

Gambar Polres Polman Terapkan Kedisiplinan Anak Lewat Program Polisi Cilik

Mapos, Polman – Membangun pribadi yang disiplin pada anak-anak, tidak mudah. Sehingga orang tua perlu cara-cara tersendiri agar anak memahami disiplin dan menerapkannya pada kehidupannya sehari-hari.

Polres Polman punya program khusus bagi anak-anak untuk menerapkan kedisiplinan sejak dini yang dinamakan program pendidikan lantas sejak dini yang diberi nama ‘Polisi Cilik’.

“Dari bulan Juni 2018, Kapolres Polman AKBP Muh. Rifai sudah mencanangkan program polisi cilik ini. Dasar pemikirannya untuk pembentukan karakter sejak anak-anak, sehingga besarnya itu nanti akan terbawa. Jadi untuk membentuk atau merubah ke arah lebih baik, bisa disiplin, lebih kompak dan bekerjasama,” jelas Kasat Lantas Polres Polman AKP Suhartono, Jumat (22/6/2018).

Adapun sasaran dalam program polisi cilik ini adalah siswa-siswi mulai di tingkat Sekolah Dasar (SD).

Polres Polman sendiri melalui Satuan lalulintas sudah sering memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap anak-anak pelajar dalam rangka program polisi cilik ini. Polisi cilik ini tidak hanya diberikan pengetahuan teoritis mengenai kriminal, kehidupan sosial dan lainnya, tetapi dibekali praktek yang mengarahkan pada kedisiplinan.

“Contohnya baris-berbaris, kemudian ada pengarahan apabila menyeberang di jalan raya seperti apa. Anak-anak juga diajarkan untuk tidak mudah diajak orang yang tidak dikenal sebagai upaya pencegahan kejahatan penculikan terhadap anak-anak,” jelas Suhartono.

Dengan program polisi cilik ini, diharapkan anak-anak bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Artinya, anak-anak bisa lebih waspada dan bisa menjaga dirinya sendiri ketika turun ke lingkungan sekolah atau lingkungan di luar rumahnya.

“Minimal dia bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Kita berharap dengan program ini akan terbentuk pribadi yang kuat, disiplin, mandiri dan baik. Ini perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak karena mereka adalah generasi penerus bangsa,” tuturnya.

Nah, terkait program polisi cilik ini, bersama Kanit Dikyasa Aiptu Rahman, HL, dan pers lantas, kami meninjau pelaksaanaan pelatihan Polisi cilik di Sekolah Dasar Negeri 07 Kelurahan Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman dan bertemu langsung dengan Kepala Sekolah SDN 07.

“Ini adalah sebagai langkah kemitraan mewujudkan partnership Polres Polman,” ujar Suhartono.

Ada 30 anak perwakilan dari SD 07 Sidodadi yang mengikuti kegiatan polisi cilik, dibimbing dan dilatih oleh Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Polman agar mereka dapat memiliki pengetahuan lalu lintas dan baris berbaris.

Polres Polman Terapkan Kedisiplinan Anak Lewat Program Polisi Cilik

“Diharapkan dengan terbentuknya polisi cilik terbentuk pula agen-agen pelopor keselamatan berlalulintas sejak usia dini,” tutup Suhartono.

(usman)

Baca Juga