Polres Matra Gelar Rakor Pengamanan Sortir Surat Suara

Gambar Polres Matra Gelar Rakor Pengamanan Sortir Surat Suara

Mapos, Pasangkayu – Pemilu sudah didepan mata, kesiapan dalam segala hal pun dipersiapkan termasuk pengamanan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan presiden dan legislatif 17 April 2019 mendatang.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses demokrasi, maka Polres Mamuju Utara (Matra) melaksanakan rapat koordinasi dengan stakeholder dengan tujuan memaksimalkan persiapan pengamanan dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara.

Rapat Koordinasi tersebut dilaksanakan di Aula Rupatama Polres Matra yang dipimpin Oleh Wakapolres Matra, Kompol Jufri Hamid, Selasa (2/3/2019).

Dalam Kesempatan tersebut, Wakapolres Matra menyampaikan tujuan dilaksanakannya rakor ini adalah untuk memaksimalkan persiapan pengamanan pelipatan dan pendistribusian surat suara sebelum ke TPS,

Sementara, Kabag Ops AKP Rigan Hadi Nagara menyampaikan, apel gelar pasukan akan dilaksanakan pada hari ahad tanggal 14 April 2019 pukul 08.00 Wita.

“Bagi TPS yang dianggap jauh, sulit medannya, agar berkoordinasi dengan KPU dan bisa mendistribusikan surat suara ke PPK, selanjutnya ke TPS pada tanggal 14 April 2019, sedangkan tanggal 15 April 2019 personil yang terlitbat pam TPS agar menjemput surat suara di tempat penyortiran dan pelipatan,” imbuh Rigan Hadi.

Ditempat yang sama Ketua KPU Syahran Ahmad mengatakan, setelah surat suara datang dengan perangkatnya maka pihak KPU akan melakukan tahapan penyortiran pada tanggal 5-10 April 2019.

“Bila belum rampung akan dilanjutkan diperpanjang hingga 11 April 2019,” ucapnya.

Melihat Kondisi waktu pemilihan yang semakin dekat, maka KPU sudah melakukan pemberitahuan bantuan untuk menyortir dan melipat surat suara.

“Saat ini pendaftar pelipat surat suara sudah memcapauli 500 orang, untuk menghindari kesalahan pelipatan dan menggampangkan pengontrolan dalam pelipatan surat suara maka KPU akan melakukan pelipatan menurut perjenis surat suara mulai dari surat suara pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan kabupaten,” sebut Syahran.

Syahran mrngatakan, setelah surat suara didistribusikan ke masing-masing TPS, maka KPU hanya menerima laporan kekurangan surat suara atau perlengkapan lainnya paling lambat pukul 09.00 Wita di tanggal 17 April 2019.

“Sebelum petugas melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara maka penyortir dan pelipat akan akan diajar terlebih dahulu untuk menyamakan persepsi,” tambah Syahran.

Syahran menyampaikan, pada tanggal 10 April 2019, seluruh ketua KPPS akan dilantik di seluruh indonesia.

“Saya harap paling lambat 16 April 2019, seluruh TPS se-Kabupaten Pasangkayu sudah berdiri sehingga malam harinya kita hanya fokus menjaga surat suara dan istirahat,” pungkasnya.

Syahran menuturkan, surat suara yang akan tiba di Kabupaten Pasangkayu sebanyak 4.805.000 lembar.

(usman)

Baca Juga