Polres Mamuju Berikan SIM Gratis bagi Warga yang Lahir 1 Juli

Gambar Polres Mamuju Berikan SIM Gratis bagi Warga yang Lahir 1 Juli

Mapos, Mamuju – Warga yang lahir 1 Juli bisa mendapatkan SIM gratis dari Polres Mamuju, Sulawesi Barat.

Program dari Satuan Lalu Lintas Polres Mamuju ini digelar untuk memperingati HUT ke-73 Bhayangkara.

“Pemberian SIM gratis ini ada ketentuannya. Harus yang lahir pada 1 Juli sesuai kartu tanda penduduk (KTP),” ujar Kapolres Mamuju, AKBP Mohammad Rivai Arvan, Rabu (26/6/2019).

SIM gratis ini tidak diberikan begitu saja kepada warga yang lahir 1 Juli. Mereka tetap harus mengikuti tahapan permohonan pembuatan SIM sesuai aturan yang berlaku, seperti tes tulis dan tes praktik berkendara.

“SIM gratis ini bukan gratis total. Untuk (pemohon) SIM baru jika memenuhi syarat pembuatan SIM, ujian teori dan praktik murni (lulus), kita gratiskan,” jelas Rivai.

Warga lahir 1 Juli yang akan membuat SIM, lanjut dia, harus membawa kelengkapan administratif, yakni KTP dan surat keterangan sehat.

“Tahapan-tahapan (pembuatan SIM) tetap diikuti. Jika yang lahir 1 Juli tapi tidak lulus, ya kita tidak bisa bantu,” kata Rivai.

SIM gratis bagi warga yang lahir 1 Juli ini berlaku hanya satu hari, yakni pada 1 Juli 2019. Program ini, kata dia, hadiah untuk warga pada saat peringatan HUT Bhayangkara.

“Sekaligus kejutan untuk warga yang lahir bertepatan dengan HUT Bhayangkara, 1 Juli,” katanya.

Rivai berharap program ini dapat memotivasi pengendara untuk semakin meningkatkan kesadaran agar tertib berlalulintas di jalan.

Rivai menambahkan, tak hanya SIM baru yang diberikan bagi yang lahir 1 Juli, namun juga diberikan perpanjangan SIM kepada mereka yang lahir 1 Juli.

“Jadi kita juga berikan perpanjangan SIM bagi yang lahir 1 Juli,” pungkasnya.

(usman)

Baca Juga