Polda Sulbar Akan Gelar Operasi Zebra 2019 Selama 14 Hari

Gambar Polda Sulbar Akan Gelar Operasi Zebra 2019 Selama 14 Hari

Mapos, Mamuju – Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Barat bakal menggelar operasi keselamatan dan keamanan lalu lintas bersandikan ‘Operasi Zebra Siamasei 2019’. Operasi digelar mulai Rabu 23 Oktober – 5 November 2019.

“Operasi akan digelar selama 14 hari mulai Rabu 23 Oktober – 5 November 2019,” kata Dirlantas Polda Sulbar AKBP I Made Darmade Giri, Rabu (16/10/2019).

Operasi Zebra ini digelar untuk meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas sehingga tercipta situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar, terutama di lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan kemacetan.

“Operasi ini juga bertujuan untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan selalu diawali dengan pelanggaran lalu lintas,” imbuhnya.

Operasi ini digelar di titik-titik rawan macet dan pelanggaran di seluruh wilayah Sulawesi Barat dan sekitarnya. Adapun target operasi yakni pelanggaran yang berpotensi menimbulkan tingkat fatalitas kecelakaan, seperti melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan HP saat berkendara, tidak mengenakan helm SNI, hingga mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan.

“Kemudian juga yang menjadi sasaran yaitu berkendara di bawah umur, naik motor berboncengan tiga orang, kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan,” katanya.

I Made mengimbau pengendara untuk tetap tertib dan mematuhi peraturan berlalu lintas selama berkendara. 

(*)

Baca Juga