Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Pemkab Mamuju “Kompak” dengan Polda Sulbar

Gambar Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Pemkab Mamuju “Kompak” dengan Polda Sulbar

Mapos, Mamuju – Setelah melaksanakan upacara peringatan hari peduli sampah langsung di TPA Simboro sekaligus mendeklarasikan komitmen mewujudkan Sulbar yang Mapaccing, kini Polda Sulbar bersama Pemerintah Kabupaten Mamuju dan masyarakat melakukan aksi nyata peduli lingkungan di Pasar Baru, Jumat (22/2/2019).

Sebelum pelaksanaan aksi peduli lingkungan ini, dilaksanakan terlebih dahulu apel bersama. Hal ini dilakukan agar kegiatan yang dilakukan terkoordinir, sehingga aksi peduli sampah ini maksimal dan efisien.

Foto istimewa

Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar menginstruksikan agar sampah yang akan dibersihkan tetap dipilah dan dipisahkan, khususnya sampah organik dan non organik yang dapat didaur ulang.

“Yang bisa didaur ulang kita manfaatkan menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomi sekaligus membantu gerakan komunitas pengrajin sampah daur ulang,” tutur Kapolda.

“Gugah kepedulian kita untuk lebih peduli dengan kebersihan dimulai dari diri sendiri. Jadikan moment ini sebagai penyemangat untuk hidup bersih setiap saat,” sambungnya.

Sementata, Bupati Mamuju H. Habsi Wahid juga mengajak kepada seluruh peserta untuk semangat membudayakan kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita budayakan kebersihan dalan kehidupan sehari-hari,” ajak Habsi.

H. Habsi Wahid juga sangat mengapresiasi kehadiran jajaran Polda Sulbar, utamanya dalam mengintervensi penanganan sampah di Mamuju.

“Dengan kehadiran Polri ini, tentu menjadi spirit tersendiri bagi kita dan masyarakat Mamuju untuk membangun kepedulian terhadap penanganan sampah” imbuh Habsi.

Ditempat yamg sama, Madaati, satu-satunya petugas kebersihan DLHK perempuan dan telah 10 tahun mengabdi sebagai petugas kebersihan, mengaku, sangat bersemangat dengan kehadiran Bupati dan Kapolda. Namun, ia menyayangkan kepedulian masyarakat yang sangat minim terhadap sampah yang selalu berserakan.

Foto istimewa

“Kalau pulangmi lagi ini Bupati dengan Kapolda pasti nakasi kotor lagi orang, jadi masyarakat juga harus dikasih sadar,” pungkas ibu tujuh anak ini.

Kegiatan aksi peduli sampah ini, dibagi beberapa kelompok, yaitu di Pasar Baru, Pantai, Desa Sumare dan lokasi lainnya yang dijadikan sebagai sasaran kegiatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Para Pejabat Utama Polda Sulbar, Kapolres Mamuju, Bupati Mamuju beserta OPD lingkup Mamuju.

Kegiatan ini juga diwarnai dengan pembacaan deklarasi peduli sampah sebagai bentuk komitmen bersama untuk memelihara lingkungan dari sampah.

(usman)

Baca Juga