Peringati Harganas, Ini yang Dikatakan Bupati Fahmi

0
61

Mapos, Majene – Melalui keluarga dapat diberdayakan Iebih dengan mengandalkan segala potensl yang ada dalam dirinya, baik berupa keterampilan, olah pikir, dan pengetahuan sehingga mampu melakukan pengasuhan anak yang baik, meningkatkan pendapatan keluarga, dan saling berbagi dan peduli dengan keluarga yang Iain dan masyarakat disekitar kita.

Demikian sambutan Bupati Majene Fahmi Massiara saat membuka peringatan hari keluarga nasional (Harganas) ke XXV tingkat kabupaten di Dinas Pengendalian Penduduk dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasiona Kabupaten Majene Kamis (29/3/2018).

Dikatakan, Harganas yang diperingati setiap tanggal 29 Juni berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 sebagai Hari Keluarga Nasional bukan merupakan hari libur.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

“Pada tahun ini lnsya Allah puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXV akan dlselenggarakan di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Dengan keluarga berdaya dapat Iebih mengandalkan segala potensi yang ada dalam dirinya, baik berupa keterampilan, olah pikir, dan pengetahuan sehingga mampu melakukan pengasuhan anak yang baik, meningkatkan pendapatan keluarga, dan saling berbagi dan peduli dengan keluarga yang Iain dan masyarakat disekitar kita,” ujar Fahmi.

Bupati Majene yang memang memiliki basic BKKBN ini lebih jauh mengatakan, tujuan Harganas ke XXV 2018 tingkat Kabupaten Majene antara lain ; Meningkamya peran keluarga melalui pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga sebagai dasar ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Terbentuknya kesiapan keluarga dalam menghadapi permasalahan dan tantangan dalam kehidupan keluarga.

Program Keluarga Berencana (KB) kata dia, tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan para ibu dan anak atau menekan pertambahan jumlah penduduk. Namun, program KB ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas penduduk lewat penyiapan keluarga yang sehat dan sejahtera.

“KB harus direvitalisasi dan digaungkan kembali. Hal ini sejalan dengan MP3 yaitu Majene Profesional, Proaktif dan Produktif. Kelak generasi Majene adalah generasi yang berkualitas, profesional dalam melaksanakan tugasnya, proaktif melihat peluang dan produktlf,” tegas Fahmi.

Lebih jauh kata dia, salah satu upaya penyiapan keluarga tersebut adalah perlunya penguatan kader yang akan membantu menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya pembangunan jiwa dan peningkatan intelektual sehingga generasi yang kelak akan mengisi pembangunan di Majene adalah generasi yang berkualitas, berakhlak karimah.

Diakhir sambuatannya, Fahmi Massiara mengatakan, pembangunan adalah membangun manusia Indonesia, yaitu dari keluarga.

“Membangun beragam infrastruktur memang penting, namun yang tidak kalah penting adalah membangun kualitas manusianya. Hari ini kita menyaksikan akan ada kegiatan lomba Kader Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja(BKR), Bina keluarga Lansia(BKL), Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR), Duta Orangtua Hebat, Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS), yang akan dilaksanakan di kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Majene,” ungkap Fahmi.

Ia berharap semoga acara ini dapat dijadikan pemersatu program yang menjadi daya ungkit bagi sinergitas pemerintah daerah.

“Bentuk nyata dari sinergitas tersebut antara Iain dengan memberdayakan masyarakat desa dengan pelembagaan Kampung KB,” tandas Fahmi.

Turut hadir dalam acara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi SuIawesi Barat, Wakil Bupati Majene , para pimpinan OPD Terkait se Kabupaten Majene, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Majene, para peserta Iomba kader, dan undangan lainnya.

(ipunk)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.