Pencanangan Kampung KB di Matra Terus Berlanjut

IMG-20171115-WA0080

Mapos, Matra – Pencanangan kampung Keluarga Berancana (KB) di desa-desa Wilayah Kabupaten Mamuju Utara (Matra) terus berlanjut. Kali ini pencanangan kampung KB Tingkat Desa dilaksanakan di Dusun Anggrek Jaya Desa Lelejae Kecamatan Bulutaba Kabupaten Pasangkayu, Matra. Rabu (15/11/2017).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala BKKBN Kabupaten Matra Drs. H. Anwar, Kepala BKKBN Provinsi Sulbar Nuryamin, Kepala Bidang KB Kabupaten Matra Alimudin, Ketua IPK Berencana Kabupaten Sandi, Kepala RS. Bulutaba Syamsul Bahri, Kepala BPJS Kabupaten Matra Amirudin, Kepala Desa LelejaeH. Busri, Ketua PKK Hj. Yulianti, para SKPD Kecamatan Bulutaba, BKTM Desa Lelejae, Babinsa Desa Lelejae sekaligus hadir pula Ustad Asep yang membuka acara dengan Doa Bersama dan para masyarakat Desa Lelejae.

Dalam sambutannya mewakili Kepala BKKB Provinsi Sulbar Nuryamin mengatakan, Pencanangan Kampong KB di Desa Lelejae diharapkan menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan Desa Lelejae menjadi keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera.

Sedangkan Kepala BKKBN Kabupaten Matra Drs. H. Anwar mengatakan, Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan, baik itu program KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan.

“Kampung KB merupakan salah satu bentuk atau model miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah,” terangnya.

Kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.

“Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu,” lanjutnya.

Disamping itu, Kapolres Matra AKBP. I Made Ary Pradana mengatakan, hasil dan tujuan dari pelaksanaan Kampung KB yakni agar terciptanya kebersamaan serta bagaimana membangun Desa menjadi lebih baik melalui semangat Nawa Jiwa.

(joni)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...