Pemkab Majene Raih Penghargaan Maturitas Level 3

  • 15 Jan 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 312
Gambar Pemkab Majene Raih Penghargaan Maturitas Level 3

Mapos, Majene — Dinilai berhasil dalam menunjukkan ukuran kualitas, kematangan atau kedewasaan dari sistem pengendalian internal pada suatu organisasi, Kantor Inspektorat Kabupaten Majene dianugerahi Penghargaan Maturitas Level 3 Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP).

Menurut, Kasubag Protokoler Bagian Protokoler dan Informasi Pimpinan Setda Majene, Sufyan Ilbas, Selasa (14/01/2020), Inspektorat sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dinilai matang dalam pengendalian internal Pemkab Majene.

Menurut dia, pemberian penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Barat itu dilakukan pada acara Pelantikan Kepala Perwakilan BPKP Sulbar, Senin 13 Januari 2020 di Kantor Gubernur Sulbar.

Selain Kabupaten Majene, Kabupaten Polman juga mendapat penghargaan serupa.

Ia menyebut, yang mewakili Pemkab Majene ke acara itu ialah Wakil Bupati Majene, Lukman.

Diketahui, tingkat maturitas atau Maturity Level adalah Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dalam bagian ini menggambarkan tingkatan atau struktur kematangan penyelenggaraan SPIP dengan karakteristik yang berbeda antara satu tingkat dengan tingkat lainnya.

Maturitas adalah istilah yang menunjukkan ukuran kualitas, kematangan atau kedewasaan dari sistem pengendalian internal pada suatu organisasi.

“Semakin tinggi maturitasnya semakin baik pula kualitas sistem pengendalian intern suatu organisasi,” ungkap Sufyan Ilbas.

(***)