Pasca Gempa, Desa Sumare Dapat Bantuan Feminin Kit

0
68

Mapos, Mamuju – Dinkes Mamuju dan Satgas Pemulihan dan Rehabilitasi/Rekonstruksi Penanganan Pasca Bencana Gempa Kabupaten Mamuju bekerja sama dengan PELKESI, PKBI dan Blue Helmet menggelar kegiatan penyerahan sejumlah bantuan. Diantaranya 1.000 feminin kit bagi wanita produktif dan remaja, baby care dan jamu bagi lansia.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Desa Sumare ini diisi dengan sosialisasi dan pelayanan kesehatan. Didahului dengan senam bersama dan pelatihan akupresure mandiri yang dipandu oleh PM PELKESI, Eko Wardoyo. Kemudian sosialisasi tentang kesehatan reproduksi oleh Bidan Puskesmas Rangas, Kiki Natri Talib.

“Di Desa Sumare kami memberikan bantuan 1.000 feminin kit yang nantinya akan disalurkan di dusun-dusun di sini. Sebanyak 1.000 lainnya kami bagi di lima kecamatan terdampak di Mamuju. Selain ini, kami juga melakukan trauma healing. Salah satunya di rutan-rutan, karena ketika bencana mereka stresnya lebih besar karena dalam keadaan terisolasi sehingga tidak bisa lari untuk menyelamatkan diri,” terang Eko Wardoyo, Minggu (28/03/20201).

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Wakil Koordinator Satgas Pemulihan dan Penanganan Pasca Bencana, H. Hajrul Malik, S. Ag, menyatakan bahwa agenda hari ini dimaksudkan sebagai ajakan bagi warga Desa Sumare untuk kembali ke rumah masing-masing, karena sebagian besar warga masih bernaung di pengungsian.

“Kita berharap mereka sudah tidak merasakan trauma, dan ini adalah upaya intervensi dan intermediasi agar mereka ikut berpartisipasi. Luar biasanya hari ini mereka sudah merasa gembira. Tapi ini hanya sebagai stimulus, ke depannya kami inginkan pemerintah melanjutkan kegiatan-kegiatan seperti ini, pelayanan kesehatan di masyarakat bahkan setelah masa pemulihan terlewati.” lanjut Hajrul Malik menutup wawancara.

(*)

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.